Lewat 'Social Experiment', Baim Wong Kasih Uang Segepok Buat Tukang Kacang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 21 Agu 2019 16:30 WIB
Foto: YouTube Baim Paula Foto: YouTube Baim Paula
Jakarta - Baim Wong terkenal sebagai YouTuber yang kerap berbagi rezeki untuk orang tak mampu. Kali ini ada tukang kacang rebus di Semarang yang mendapat hadiah jutaan rupiah dari Baim.

Kemarin (20/8) Baim mengunggah video 'social experiment' terbaru berjudul "TUKANG KACANG yang MENDADAK KAYA ..(netes airmata melihat bahagianya dia..)". Hingga berita ini ditulis, video ini sudah ditonton lebih dari 580.000 kali.

Video diambil pada 16 Agustus 2019 saat Baim tengah di Semarang dalam rangkaian acara pertunangan adik iparnya. "Kita melakukan social experiment di Semarang. Kita akan bergerak melihat kota Semarang, seru-seruan," kata suami Paula Verhoeven ini di awal video.

Lewat 'Social Experiment', Baim Wong Kasih Uang Segepok Buat Tukang KacangFoto: YouTube Baim Paula

Ia ditemani adik iparnya yang lain nampak berkeliling Semarang menggunakan mobil. Tiba-tiba di sebuah jalan, Baim berhenti karena melihat nenek pencari rongsok membawa gerobak. "Mau pulang, nyari rongsok," kata sang nenek saat ditanya pekerjaannya oleh Baim.

Nenek tersebut mengaku sehari biasanya mendapat uang Rp 15.000 - Rp 20.000. "Kadang kalau orang kasih banyak, dapat Rp 20.000," lanjutnya. Di usia 67 tahun, Baim mengakui kehebatan nenek pencari rongsok yang masih semangat bekerja. Ia pun memberi sejumlah uang pada sang nenek.

Lewat 'Social Experiment', Baim Wong Kasih Uang Segepok Buat Tukang KacangFoto: YouTube Baim Paula

Baca Juga: Istri Ngidam Sukun, Baim Wong Malah Beli Mie Ayam

"Matu suwun, semoga barokah. Panjang umur, sehat, banyak rezeki," doa sang nenek untuk Baim. Pesinetron hits ini kemudian melanjutkan perjalanan hingga ke Simpang Lima.

Ia lalu tertarik mampir beli kacang rebus gerobakan. Penjualnya ternyata masih muda, berusia 19 tahun dari Cirebon. "Berapaan kang?," tanya Baim untuk membuka dialog dengan penjual kacang. Satu bungkus besar kacang rebus ini rupanya dibanderol Rp 10.000. Baim pun memborong 3 bungkus kacang rebus.

Calon ayah ini bilang kalau kacang rebus yang dinikmatinya enak. Ia sempat menambah 1 bungkus lagi. Alih-alih kasih Rp 10.000 saja, Baim malah kasih uang segepok dengan lembaran Rp 50.000. Penjual kacang hanya bisa kaget sambil bertanya, "Serius?."

Lewat 'Social Experiment', Baim Wong Kasih Uang Segepok Buat Tukang KacangFoto: YouTube Baim Paula
Ia tersenyum lebar dan langsung bilang uangnya akan ditabung. "Tabungan udah ada berapa?," tanya Baim. Penjual kacang berujar, "Rp 1 juta, ngumpulinnya 1 sampai 2 bulan." Ia juga bercerita kalau tabungannya paling banyak Rp 2,5 juta.

"Kadang orang tua pake dulu. Kalau orang tua ngga dikasih anak, kan dikasih siapa lagi," ujar penjual kacang. Mendapati hal ini, Baim kembali memberi segepok uang. Penjual kacang kembali tersenyum kaget. Ia tak tahu pasti berapa jumlah uang yang dikasih Baim, tapi nominalnya mungkin mencapai Rp 3 juta.

Baca Juga: Lebih Murah! Baim Wong Pilih Belanja Sayur dan Ayam Kampung di Pasar

Lewat 'Social Experiment', Baim Wong Kasih Uang Segepok Buat Tukang KacangFoto: YouTube Baim Paula

"Buat bantu-bantu orang tua. Titip, salam dari saya. Mudah-mudahan kamu sukses," kata Baim berpesan. Ia juga minta didoakan ketika solat. "Makasih," ujar penjual lulusan SD ini yang masih terlihat tersenyum lebar meski telah ditinggal Baim.

Banyak netizen memberi komentar positif usai melihat video Baim. Salah satunya pemilik akun sono sini yang menulis, "Baim ;"Paling banyak tabungan berapa ?" Penj Kacang; "paling banyak dua setengah juta, terus kata orang tua, 'ini dipakai dulu sama Ibu'. *Ya kalau orang tua ndak dikasih sama anak, sama siapa lagi ?*" Kalimat Ini membuat saya trenyuh. Betapa mulianya ahlaq penjual kacang ini, menyerahkan semua harta atau tabungannya untuk ibunya. Alloh Subhanahu Wata'ala Yang Maha Baik melihat dia baik terhadap orangtuanya maka dilipatkan rezekinya melalui tangan Mas Baim. Moga Alloh memperbaiki ahlaq terhadap orang tua kita seperti penjual kacang ini. Aamiin."



Simak Video "Resep Tempe Mendoan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)