Mampir ke Bandung, Bule Amerika Ini Santap Yamien, Bakso hingga Ceker

Devi Setya - detikFood Selasa, 20 Agu 2019 18:00 WIB
Foto: youtube Foto: youtube
Jakarta - Kelezatan ragam kuliner Indonesia berhasil membuat bule Amerika ini ketagihan. Ia doyan banget makan yamien, bakso, pangsit hingga ceker ayam. Mantul!

Bule bernama Erik ini berasal dari New York, Amerika. Seorang youtuber mengajaknya makan bakso di kedai bakso yang ada di Bandung. Youtuber yang akrab disapa Black ini menantangnya makan bakso.
Mampir ke Bandung, Bule Amerika Ini Santap Yamien, Bakso hingga CekerFoto: youtube

Baca juga : Keliling Jogja, Bule Ini Cicipi Jenang, Gudeg hingga Kopi Joss

Kedai bakso yang disambanginya yakni Bakso Akung yang cukup legendaris. Warung bakso ini sudah ada sejak tahun 1990-an dan pernah eksis juga lewat film fenomenal Dilan 1990.

Black memesan beberapa porsi menu andalan di warung bakso ini. Ada mie yamien, mie bakso, bakso tahu hingga ceker. Semuanya akan disantap berdua saja.

Yang disantap pertama adalah bakso kuah tanpa mie. "Oh my God, ini enak banget. Kuah kaldunya mengingatkan pada masa kecil saya saat makan sup kaldu," kata Erik usai menyeruput kuah bakso.

Pengalaman mencicip bakso ini jadi yang pertama kali bagi Erik. Ia mengaku ingin banyak mencicip makanan Indonesia sebelum pergi kembali ke Amerika.
Mampir ke Bandung, Bule Amerika Ini Santap Yamien, Bakso hingga CekerFoto: youtube

Erik juga memberi pujian untuk rasa bakso yang menurutnya enak. Ekspresi yang ditunjukkan Erik menggambarkan betapa dirinya sangat senang bisa menyantap makanan ini.

Selanjutnya ia juga mencoba mie yamien yang disajikan kering tanpa kuah. "Ini seperti mie goreng," kata Erik. Namun pernyataan Erik ditepis Black yang kemudian menjelaskan soal mie yamien.

Black juga menyarankan Erik untuk mengaduk mie sebelum disantap karena bumbunya ada di bagian bawah mangkuk. Lagi-lagi Erik geleng-geleng keenakan mencoba mie yang disajikan manis gurih tanpa kuah ini.

Total sudah tiga mangkuk makanan yang dilahap Erik. Ia juga mencoba bakso tahu dan ceker ayam. Dari gaya makannya, tampaknya Erik sudah sering menyantap ceker karena ia bisa makan ceker dengan bersih hingga menyisakan tulangnya saja.

Sambil makan, Erik berkisah soal kesehariannya. Ternyata pria bertubuh kekar ini seorang tentara angkatan laut. Ia juga pernah menjadi teknisi untuk mesin helikopter.
Mampir ke Bandung, Bule Amerika Ini Santap Yamien, Bakso hingga CekerFoto: youtube

Baca juga : Lihat Aksi Para Bule yang Kegirangan Saat Diajak Ngaliwet

Pekerjaannya yang berpindah-pindah negara membuat Erik bisa keliling dunia. Menurutnya, setiap negara memiliki keunikan masing-masing, termasuk Indonesia.

Di Indonesia Erik memuji masyarakatnya yang sangat ramah serta makanannya yang semua enak dan murah. "Orang Indonesia sangat ramah. Semua orang seperti mau membantu meskipun saling tidak kenal. Dan yang pasti makanannya enak banget, saya pasti kangen kalau sudah di Amerika," pungkas Erik.

Simak Video "Ke Cirebon, Jangan Lupa Jajal Bakso Legendaris Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)