YouTuber Ini Uji Coba Rendam Telur dalam Cuka hingga Pasta Gigi Selama 48 Jam

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 19 Agu 2019 19:30 WIB
Foto: YouTube The Santoso
Jakarta - YouTuber ini lakukan percobaan unik terkait telur. Ia merendam telur dengan banyak cairan selama 48 jam. Mulai dari cuka, larutan pemutih pakaian, hingga pasta gigi.

Bobon Santoso melalui saluran YouTube "The Santoso" kerap mengunggah video-video eksperimen unik. Salah satu yang paling banyak ditonton adalah video 'RENDAM TELUR 48 JAM DENGAN BERBAGAI CAIRAN. MATANG TANPA MASAK'. Diunggah akhir Juli lalu, video ini telah disaksikan lebih dari 1,3 juta kali.

"Jadi guys sekarang kita mau ngelakuin eksperimen-eksperimen menggunakan telur. Gue mau merendam telur ini selama 48 jam menggunakan beragam cairan. Gue mau ngelakuinnya dalam jumlah banyak," kata Bobon di awal video. Ia juga belanja sendiri cairan tersebut di minimarket.

YouTuber Ini Uji Coba Rendam Telur dalam Cuka hingga Pasta Gigi Selama 48 JamFoto: YouTube The Santoso

Bobon memilih berbagai cairan unik yang ia inginkan. Tak terbatas pada produk minuman, ia juga menggunakan cairan-cairan nyeleneh.

Beberapa yang ia ambil di minimarket adalah orange water, minuman cokelat, minuman soda, cairan penyegar mulut, cuka, susu, pemutih pakaian, minuman datang bulan, minuman energi, teh botol, cairan cuci piring, minuman isotonik, saos, bensin, pasta gigi, hingga cairan pembersih lantai.

Baca Juga: Ya Ampun! Youtuber Ini 100 Kali Bolak-balik Pesan Makanan Via Drive Thru

YouTuber Ini Uji Coba Rendam Telur dalam Cuka hingga Pasta Gigi Selama 48 JamFoto: YouTube The Santoso

Bobon lalu menaruh telur ayam di gelas plastik bersama tiap cairan yang sudah dibeli. Ia turut menamai gelas plastik itu agar nantinya tak bingung. Percobaan berlangsung selama 2 hari penuh atau 48 jam. Mulai dari 22 Juli 2019, tepatnya pukul 4 waktu Bali hingga 24 Juli 2019.

Dua hari kemudian, ayah satu anak ini berujar, "Sekarang telur kita sudah siap. Ini semua sudah direndam 48 jam, kita akan buka satu-satu." Kebanyakan cairan berupa produk minuman tak memberi efek signifikan pada telur mentah. Tapi ada juga yang mempengaruhi tekstur atau warna cangkang telur.

Pada minuman datang bulan, misalnya, warna cangkang telur sedikit berubah. "Tapi kondisi dalemnya masih bagus guys," lanjut Bobon. Sementara pada minuman soda, telur tak terpengaruh apa-apa. Di minuman teh, warna cangkang telur jadi lebih cokelat. Sedangkan di minuman energi, warna cangkang telur jadi putih.

YouTuber Ini Uji Coba Rendam Telur dalam Cuka hingga Pasta Gigi Selama 48 JamFoto: YouTube The Santoso

Salah satu yang paling bikin kaget adalah perubahan telur pada rendaman cuka. "Oh My God. Mateng guys. Gue nggak nyangka. Kuningnya mateng, putihnya jadi kayak bubur. Asam banget," kata Bobon yang nekat mencicip sedikit telur.

Ada juga minuman vitamin C yang membuat warna telur jadi pudar. Bobon berujar, "Warna telur jadi pudar, ada serabut-serabut. Tampangnya agak ngeri."

Baca Juga: Keren! YouTuber Ini Bikin Makanan Jumbo, Ini 10 Diantaranya

YouTuber Ini Uji Coba Rendam Telur dalam Cuka hingga Pasta Gigi Selama 48 JamFoto: YouTube The Santoso

Pada larutan nonminuman, telur juga terlihat berbeda. Untuk larutan pemutih, cangkang warna telur berubah jadi putih mirip telur ayam kampung. "Aromanya lumayan strong, cangkangnya jadi renyah," lanjut Bobon.

Ada juga pasta gigi yang membuat larutan jadi berbusa namun tampilan maupun aroma telur tidak berubah. Yang juga menyeramkan, ketika telur dikeluarkan dari cairan pembersih kloset. Bobon berujar, "Cangkangnya jadi lunak kenyal. Kuningnya ilang guys. Sisa selaput."

Nah, kalau penasaran dengan reaksi lengkap telur dengan berbagai rendaman, bisa langsung mengintip video Bobon di bawah ini.



Simak Video "Bikin Laper: Sate Goreng hingga Rica Balungan Basah"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com