Begini Trik Praktis Bikin 'Scrambled Eggs' yang Creamy Gurih

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 19 Agu 2019 06:30 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Cuman punya waktu 10 menit buat menyiapkan sarapan. Olahan telur bisa jadi pilihan yang pas. Selain praktis telur juga kaya nutrisi.

Jika Anda tergolong orang yang sering memanfaatkan telur untuk menu sarapan, Anda tergolong orang yang praktis. Karena telur mudah diolah, relatif murah dan juga kaya nutrisi.

Salah satu olahan telur yang paling disukai di dunia adalah scrambled eggs alias orak-arik telur. Meski terlihat mudah, telur diaduk-aduk di atas wajan tetapi masih banyak yang mendapati telur orak-ariknya kering dan bergumpal besar.

Sebegitu seriusnya soal scrambled eggs ini sampai-sampai chef selebriti Jamie Oliver, Gotdon Ramsay hingga Martha Steward membuat video tutorial bikin scrambled eggs yang creamy enak.



Seorang blogger dari Mumbai, Alpha Modi juga memberikan trik praktis scrambled eggs melalui kanal youtubenya ' Smoething's Cooking with Alpha'. Sebenarnya tak jauh berbeda denga para chef dunia, yang perlu disiapkan hanya telur ayam, susu cair, garam, merica bubuk, sedikit air dan minyak goreng.

Begini Trik Praktis Bikin 'Scrambled Eggs' yang Creamy GurihFoto: iStock


Pertama, 3 butir telur ayam, 1 sdm air, 1 sdm susu cair, sedikit merica bubuk hitam dan garam. Susu akan membuat menggembung lembut. Semua bahan ini dikocok dengan kocokan kawat hingga tercampur rata. Atau bisa memakai garpu.

Begini Trik Praktis Bikin 'Scrambled Eggs' yang Creamy GurihFoto: YouTube: Something's Cooking with Alpha


Selanjutnya panaskan 1 sdm minyak sayur dalam wajan di atas api kecil. Siapkan juga spatula berlubang, taruh di tengah wajan. Kemudian tuangkan telur ke spatula berlubang hingga telur mengalir ke wajan. lakukan hingga telur habis.

Begini Trik Praktis Bikin 'Scrambled Eggs' yang Creamy GurihFoto: YouTube: Something's Cooking with Alpha


Telur akan bergembung halus di kelilingnya, aduk-aduk sebentar lalu angkat. Atau bisa juga dibiarkan hingga agak kering lalu dibalik hingga jadi telur dadar. Spatula berlubang membuat tekstur telur terpecah sehingga Anda tak perlu mengaduk berulang yang akan membuat telur kering.

Sajikan Scrambled Eggs dengan tambahan tumis sayuran, keju parut, bawang merah goreng atau bawang putih goreng sesuai selera. Bisa dimakan dengan roti panggang atau roti tawar atau nasi hangat dengan kucuran kecap manis.



Simak Video "Telur Ceplok dan Spesial Sentosa yang Anti Mainstream"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)