Kuliner Legendaris Indonesia

Malang Juga Punya Jajanan Kuno yang Populer Sejak Puluhan Tahun

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 17 Agu 2019 15:00 WIB
Foto: dok.detikFood Foto: dok.detikFood
Jakarta - Malang terkenal jadi kota wisata yang punya beragam kuliner enak. Termasuk makanan yang ada sejak masa penjajahan Belanda.

Singgah ke Malang harus jajan. Karena selain berwisata alam ke Batu atau Gunung Bromo ada sejumlah jajanan enak yang cocok dinikmati di udara sejuk Malang. Apalagi jajanan ini sudah populer enaknya puluhan tahun silam.

1. Pos Ketan Legenda
Malang Juga Punya Jajanan Kuno yang Populer Sejak Puluhan TahunFoto: detikFood

Tempatnya bernama pos ketan legenda yang sudah jadi ikonik di kota Malang. Pertama kali berdiri pada tahun 1967, warung ini sekarang dikelola oleh generasi ke-3. Dinamai Pos Ketan, lantaran dulu pertama kali warung ini berada di depan pos satpam.

Sajiannya berupa ketan yang ditaburi dengan berbagai macam topping. Namun, yang original hanya dengan topping bubuk kacang kedelai, parutan kelapa dan gula jawa cair. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi ketan juga beragam tergantung pada topping yang dipilih. Mulai dari Rp. 6.000 - Rp. 16.000.

Pos Ketan Legenda
Jalan Kartini No. 6, Ngaglik, Batu
Malang
0813-3431-3353

2. Puthu Lanang Celaket
Malang Juga Punya Jajanan Kuno yang Populer Sejak Puluhan TahunFoto: potretmalang.com

Kalau ingin jajan kue putu, mampirlah ke Puthu Lanang Celaket sudah berdiri sejak tahun 1935. Dari pertama kali dibuka hingga sekarang warung putu ini selalu ramai pengunjung. Sesuai namanya, warung ini menawarkan kue putu, termasuk cenil dan lupis juga.

Semua jajan pasar di sini beraroma pandan dan kelapa yang khas. Terutama pada sajian putunya yang bertekstur lembut dan begitu digigit, gula jawa didalamnya langsung meleleh. Harga yang ditawarkan terjangkau, hanya sekitar Rp. 10.000 untuk satu porsinya.

Puthu Lanang Celaket
Jl. Jaksa Agung Suprapro, Gang Buntu
Malang
0817 530 365

Baca Juga : Tuutt, Putu Bambu Berbalut Kelapa yang Wangi Menggoda

3. Lumpia di Depot Hok Lay
Malang Juga Punya Jajanan Kuno yang Populer Sejak Puluhan TahunFoto: inijie.com

Malang juga terkenal dengan warung makan bernama Depok Hok Lay. Kedai ini sudah ada sejak tahun 1946. Ada banyak menu makanan yang ditawarkan, tetapi yang paling populer adalah sajian lumpianya.

Menurut orang Malang, Lumpia di sini sangat sesuai dengan lidah orang Malang. Rasanya gurih dengan dua pilihan, lumpia basah dan lumpia goreng. Berisi rebung dan wortel yang dicincang halus. Keduanya disajikan dengan saus tauco dengan daun bawang dan selada. Satu porsi dibanderol dengan harga Rp. 15.000.

Depot Hok Lay
Jl. KH Ahmad Dahlan No.10, Sukoharjo
Malang
(0341) 364513

4. Bakpao Boldy
Malang Juga Punya Jajanan Kuno yang Populer Sejak Puluhan TahunFoto: detikFood

Bakpao Boldy merupakan bakpao khas Malang dan sudah populer hingga ke Surabaya, Bandung dan Jakarta. Bakpao yang ada disini tetap mempertahankan resep tradisional tanpa bahan pengawet. Kelezatan dan kelembutan bakpao ini hanya menggunakan bahan-bahan alami saja.

Isiannya pun bervariasi, mulai dari ayam cincang, ayam kecap, babi cincang, babi kecap, tausa, kacang hijau, dan kacang tanah. Rasa yang plaing banyak dipilih pengunjung adalah rasa tausa dan pasta kacang hitam. Untuk satu bakpao dibanderol seharga Rp. 9.000.

Bakpao Boldy
Jl. Mangun sarkoro No.25, Jodipan
Malang
(0341) 364020

5. Ronde Titoni
Malang Juga Punya Jajanan Kuno yang Populer Sejak Puluhan TahunFoto: detikFood

Kalau cari yang hangat dan segar, bisa mampir di warung ke warung Angsle & Ronde Titoni yang sudah ada sejak tahun 1948. Awalnya penjual ronde berjualan dengan dipikul dan berkeliling, tetapi kini sudah menetap di sebuah tempat. Hingga kini sajian ronde di sini sangat populer.

Ronde di sini dibuat dengan resep warisan turun temurun. Bola-bola ronde dari tepung ketan ini ada ronde basah dengan kuah hangat dan segar, dan ronde kering yang dilumuri bubuk kacang. Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 10.000.

Ronde Titoni
Jl. Zainul Arifin No.17, Sukoharjo
Malang
(0341) 808292

Baca Juga : Slurpp! Semangkuk Wedang Ronde Ini Ampuh Hangatkan Badan

Simak Video "Kangen Hainan Chicken Rice ala Singapura? Ke Sini Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)