Kreasi Mooncake Unik, Isi Petai dan Boba yang Kenyal Manis!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 17 Agu 2019 08:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Mooncake atau kue bulan tak hanya berisi pasta manis. Di Malaysia, mooncake bahkan berisi potongan petai! Mooncake ini pun langsung menarik perhatian.

Mooncake selalu hadir dalam perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur atau Mid-Autumn Festival. Secara tradisional, mooncake atau kue bulan dinikmati masyarakat Tionghoa. Bentuknya bundar dengan simbol-sombol huruf Mandarin dicetak di atasnya.

Isiannya beragam seperti pasta biji teratai, pasta kacang merah, pasta jujube, dan five kernel. Ada juga mooncake asin yang berisi kuning telur asin.

Kreasi Mooncake Unik, Isi Petai dan Boba yang Kenyal Manis!Foto: Istimewa

Tahun ini festival jatuh pada 13 September 2019. Berbagai kreasi mooncake istimewa pun sudah mulai dibuat.

Baca Juga: Meriahkan Mooncake Festival, Beragam Kue Bulan Aneka Rasa Ada di Sini

World of Buzz (15/8) melaporkan salah satu rasa mooncake yang tengah viral di Malaysia adalah petai. Mooncake inovatif ini dibuat seorang pembuat kue rumahan di Ipoh. Ia benar-benar menggunakan potongan petai utuh sebagai isian mooncake.

Berbeda dari mooncake tradisional pada umumnya, rasa isian mooncake ini lebih ke arah pedas bukan manis. Kabarnya dibuat dari kentang, berbagai rempah, dan petai yang terkenal dengan aroma dan rasa yang tajam.

Kreasi Mooncake Unik, Isi Petai dan Boba yang Kenyal Manis!Foto: Istimewa

Selain mooncake petai, ia membuat berbagai kreasi petai lainnya. Ada bakpao isi petai, cucur udang petai, hingga bakcang isi sambal petai. Harga ragam panganan petai ini mulai dari RM 15 (Rp 51.100) per dua buah hingga RM 28 (Rp 95.400) per empat buah.

Tak hanya mooncake petai yang meriahkan Festival Kue Bulan di Malaysia. Sebelumnya Chang Ho Sek meluncurkan mooncake isi boba yang kenyal manis! Terdapat dua rasa mooncake menggoda yaitu milk tea dan matcha.

Kreasi Mooncake Unik, Isi Petai dan Boba yang Kenyal Manis!Foto: Istimewa

Konon rasa mooncake boba ini istimewa karena memakai snow skin yang lembut manis. Mooncake lalu dikemas cantik dalam pilihan isian dua dan empat. Untuk isian 4 bisa memakai kotak atau rantang.

Chang Ho Sek bahkan membuat sistem pre order untuk penjualan mooncake ini. Harga yang ditawarkan mulai dari RM 181 (Rp 616.800) hingga RM 244 (Rp 831.000). Kamu tertarik coba?

Baca Juga: Mau Bikin Moon Cake Sendiri? Ini Dia Caranya!



Simak Video "Kuliner Ekstrem Taco Kalajengking, Berani Coba?"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)