Kuliner Legendaris Indonesia

Nostalgia dengan 5 Camilan Jadul yang Punya Banyak Penggemar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 16 Agu 2019 14:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tak hanya makanan utama, beragam camilan juga ada yang hadir sejak puluhan tahun lalu. Mulai dari permen Davos hingga mie remes dengan tambahan banyak bumbu.

Menikmati camilan ini seolah membuka lorong waktu untuk kembali ke masa kecil. Camilan ini selalu diburu karena rasanya enak, nagih, dan harganya terjangkau. Meski tak lagi mudah dicari, 5 camilan legendaris berikut tetap punya banyak penggemar.

1. Telur cicak

Nostalgia dengan 5 Camilan Jadul yang Punya Banyak PenggemarFoto: Istimewa

Foto: Instagram andrytw1012
Disebut telur cicak karena bentuk permen ini memang persis telur hewan melata tersebut. Bundar dan kecil-kecil dengan balutan warna terang seperti merah, biru, hingga oranye. Konon di tahun 1970-an permen cicak dijual Rp 10 sampai Rp 25 saja.

Sekarang permen cicak masih bisa dibeli, kebanyakan dijual di situs jual beli online ternama. Harganya juga masih terjangkau. Untuk isian telur cicak ada yang berupa biskuit atau kacang kedelai yang sudah disangrai. Untuk menikmatinya, ada yang melahap telur cicak banyak sekaligus, tapi ada pula yang satu per satu meski bulirannya sangat mungil.

2. Permen Davos

Nostalgia dengan 5 Camilan Jadul yang Punya Banyak PenggemarFoto: Istimewa

Foto: sissy_kitchen_id
Cita rasa peppermint yang menyegarkan jadi ciri khas Davos. Permen yang masih menyertakan keterangan "kembang gula" di kemasannya ini dianggap memiliki rasa mint yang pas. Tidak terlalu lembut ataupun kuat. Tersedia dalam ukuran kecil dan lebih besar.

Kabarnya permen Davos sudah ada sejak 1931 dengan pabrik berlokasi di Purbalingga, Jawa Tengah. Selain permen Davos, produsennya yang bernama PT. Slamet Langgeng & Co juga meluncurkan priduk lain seperti Alpina dan Kresna. Kini permen Davos masih banyak dijual di situs jual beli online.

3. Cokelat payung hingga kacamata

Nostalgia dengan 5 Camilan Jadul yang Punya Banyak PenggemarFoto: Istimewa

Foto: Istimewa
Salah satu camilan legendaris yang banyak diminati adalah cokelat. Variannya tak terbatas dari segi bentuk. Salah satunya cokelat payung yang bentuknya seperti payung mungil, lengkap dengan gagang plastik. Permen ini sebenarnya merupakan milk chocolate dengan rasa manis legit.

Selain cokelat payung, ada juga cokelat kacamata. Kemasannya plastik dengan bentuk mirip kacamata. Di dalamnya ada permen bulat dengan warna-warni terang seperti oranye, hijau, hingga kuning. Di tiap kemasan kacamata bisa berisi 14 butir permen cokelat.

Baca Juga: Ini Dia 6 Cokelat Favorit Anak 90-an, Kamu Suka Yang Mana?

4. Mie remes

Nostalgia dengan 5 Camilan Jadul yang Punya Banyak PenggemarFoto: Istimewa

Foto: Instagram jakulsemarang
Populer di tahun 1990an, ada banyak produk mie siap santap dengan balutan bumbu gurih. Biasanya mie ini perlu diremukkan atau diremes sendiri sebelum dinikmati. Mereknya pun sangat beragam di pasaran.

Merek yang melekat di banyak ingatan orang adalah Anak Mas. Kemasannya berwarna emas dan merah dengan rasa bawang dan keju. Ada juga Krip Krip yang warnanya lebih gelap dengan tekstur renyah dan rasa gurih. Untuk yang agak modern, ada Mie Gemez favorit anak SD tahun 1990an.

Baca Juga: Anak 90-an Pasti Tahu Ragam Camilan Mie Jadul Ini!

5. Permen karet Yosan

Nostalgia dengan 5 Camilan Jadul yang Punya Banyak PenggemarFoto: Istimewa

Foto: Instagram hartonodcp
Yosan begitu melegenda khususnya di kalangan generasi 1990an. Permen karet dengan kemasan warna-warni ini memiliki rasa manis yang khas. Harganya juga murah meriah sehingga selalu diburu anak kecil di zamannya.

Yang unik dari permen karet Yosan adalah kompetisi produsen bagi konsumennya. Mereka diharuskan menemukan rangkaian huruf Y, O, S, A, dan N di bungkus permen kalau ingin dapat hadiah. Banyak yang bilang huruf N sebenarnya tidak ada karena sangat sulit ditemukan. Nyatanya, huruf N ada dan seorang pria berhasil mendapat sepeda.



Simak Video "Mengenal Gandos, Jajanan yang Masih Eksis Khas Blitar"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)