Chef Arnold Poernomo Bocorkan Rahasia Bikin Endog Godog Alias Telur Rebus

Devi Setya - detikFood Jumat, 16 Agu 2019 11:30 WIB
Foto: youtube chef arnold Foto: youtube chef arnold
Jakarta - Selebriti Chef Arnold Poernomo kembali tampil di channel Youtubenya. Kali ini ia membuat boiled egg yang disebutnya endog godog alias telur rebus.

Dalam video berdurasi hampir 10 menit ini Chef Arnold mengawali video dengan menyapa para netizen. "Ok welcome back to my kitchen. Hari ini kita mau bikin tutorial tentang telur rebus," kata Chef Arnold dengan gaya santai.

Kali ini Chef Arnold akan menunjukkan cara membuat telur rebus dengan tingkat kematangan yang berbeda-beda. Ada 6 butir telur yang siap direbus.
Chef Arnold Poernomo Bocorkan Rahasia Bikin Endog Godog Alias Telur RebusFoto: youtube chef arnold

Baca juga : Wah! Chef Arnold Unggah Foto 2,5 Kg Black Truffle Seharga 75 Juta

Ayah dari Arthur ini memilih menggunakan telur ayam kampung organik. Ia juga menjelaskan telur ini memiliki bentuk yang kecil, berkulit mulus dan agak tipis.

Sebelum direbus, Chef Arnold memasak air dengan tambahan sedikit garam. Setelah air mendidih, barulah telur dimasukkan ke dalam panci.

Enam butir telur ini dimasak dengan enam tingkat kematangan berbeda. Masing-masing telur dimasak dalam waktu 4 menit, 5 menit, 6 menit, 7 menit, 8 menit dan 9 menit.

Telur kemudian diangkat sesuai waktu yang ditentukan. Agar tak tertukar, Chef Arnold menandainya dengan menaruh tulisan di atas talenan.
Chef Arnold Poernomo Bocorkan Rahasia Bikin Endog Godog Alias Telur RebusFoto: youtube chef arnold

Untuk melihat perbedaan tingkat kematangannya, Chef Arnold mengupas setiap telur. Untuk telur yang dimask 4 -6 menit, ia mengaku agak kesulitan dan membutuhkan kesabaran.

"Cara kupas telur ini ketuk bagian bawahnya lalu massage perlahan. Kupas pelan-pelan. Demi tutorial kita harus sabar. Saya juga harus melatih kesabaran karena sudah punya anak. Kemarin saya dapat tips katanya kalau jadi bapak harus sabar," beber Chef Arnold diselingi curhatan pribadi.
Chef Arnold Poernomo Bocorkan Rahasia Bikin Endog Godog Alias Telur RebusFoto: youtube chef arnold

Setelah telur dibelah, barulah terlihat perbedaan masing-masing telur. Untuk telur yang direbus selama 4 menit terlihat bagian kuningnya masih sangat cair. Demikian juga dengan telur yang 5 menit dan 6 menit.

Bagian kuning telur baru terlihat padat dan tak lumer jika direbus selama 7 menit. Teksturnya semakin padat untuk rebusan telur di menit ke 8 dan 9.

Tutorial ini bisa jadi panduan saat merebus telur dengan tingkat kematangan yang sesuai selera. Tapi hal ini tergantung jenis dan ukuran telur, jika ukuran telurnya lebih besar maka waktu pemasakannya juga akan berbeda.

Baca juga : Kegembiraan Chef Arnold Sambut Kehadiran Putranya, Arthur Miles Poernomo





Simak Video "Ketika Kaesang dan Gibran Disuruh Masak oleh Chef Arnold"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)