Resep dan Bumbu Steak Daging Sapi yang Praktis

Puti Yasmin - detikFood Jumat, 16 Agu 2019 10:00 WIB
Resep dan Bumbu Steak Daging Sapi yang Praktis/Foto: Instagram Resep dan Bumbu Steak Daging Sapi yang Praktis/Foto: Instagram
Jakarta - Steak daging sapi biasanya hanya dinikmati di acara-acara tertentu. Tapi, bisa juga lho memasak sendiri bumbu steak daging sapi di rumah. Bagaimana caranya? Yuk simak.

Ada berbagai resep steak daging sapi yang populer, misalnya saus mushroom hingga lada hitam. Nah, ini masakan ini kini bisa hadir di meja makan detikers di rumah, hmmm, lezat!

Berikut bumbu steak daging sapi ala detikFood:

Pertama siapkan 500 gram daging has dalam sapi dan tusuk-tusuk beberapa bagian dengan garpu. Berikutnya, lumuri steak daging sapi dengan bumbu halus berupa 5 siung bawang putih,1/2 sendok teh merica butiran. 1/2 cm biji pala, 1 sendok makan merica butian hingga merata.

steak daging sapisteak daging sapi Foto: Istock


Kemudian, tambahkan 4 sendok makan kecap manis, aduk rata sampai semua bagian steak daging sapi terbaluri. Simpan dalam wadah tertutup di kulkas bagian bawah semalaman agar bumbu meresap.



Setelah itu, panaskan minyak di atas teflon untuk menumis, masukkan daging berikut bumbu rendamannya. Aduk-aduk hingga seluruh sisi daging kecokelatan. Tuangi air, tutup panci dan masak hingga steak daging sapi empuk dan angkat.

steak daging sapisteak daging sapi Foto: Instagram

Selanjutnya, potong-potong daging melintang 2 cm, masukkan kembali ke dalam panci, beri 2 sendok makan susu bubuk yang telah dilarutkan dengan 150 ml air. Terakhir, masak kembali steak daging sapi hingga kuahnya mendidih. Angkat, sajikan dengan pelengkapnya berupa setup sayuran.



Nah, setup sayuran bisa dibuat dengan menumis 1 siung bawang putih dan 20 gram bawang bombay yang telah dicincang halus hingga wangi. Masukkan sayuran berupa 3 sendok makan jagung manis, 3 sendok makan kacang polong beku, dan 1 buah wortel yang telah dipotong dadu 1 cm dengan campuran dua sendok makan minyak sayur.

Bagaimana, bumbu steak daging sapi praktis kan untuk dibuat di rumah?



Simak Video "Menipu Mata, Ternyata Hot Dog Ini Adalah Mie Ayam!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)