Kuliner Legendaris Indonesia

Toko Roti Jadul Puluhan Tahun Ini Masih Jual Roti Hangat Tiap Hari

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 15 Agu 2019 15:50 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak kota di pulau Jawa, yang punya toko roti jadul yang legendaris. Berbagai roti homemade dengan resep klasik, tersedia di sini.

Dari kota Bogor sampai Solo, ada toko roti legendaris yang masih mempertahankan cita rasa tradisional. Tak kalah dengan roti dan pastry kekinian, aneka roti klasik ini masih laris dan memiliki banyak penggemar hingga sekarang.

Baca Juga: Diracik Sejak Puluhan Tahun Lalu, 5 Rujak Cingur Ini Masih Laris di Surabaya

1. Toko Bogor Permai
Toko Roti Jadul Puluhan Tahun Ini Masih Jual Roti Hangat Tiap HariFoto: Istimewa

Sudah ada sejak tahun 1963, Toko Bogor Permai kini tampil modern tanpa mengubah jenis roti dan kue tradisional yang mereka sajikan. Setiap harinya toko roti ini selalu didatangi para pelanggan, hingga wisatawan.

Puluhan aneka roti, kue, hingga makanan ringan tersedia di sini. Salah satu roti populer di sini ada roti gambang, roti tapal kuda, roti selai nanas, roti keset dan roti dengan isian gula merah, yang legit dan manis.

Bogor Permai Bakery
Jl. Jend. Sudirman No.23A.
Bogor Tengah, Jawa Barat.
Telp: (0251) 8321115

2. Toko Roti Sidodadi
Toko Roti Jadul Puluhan Tahun Ini Masih Jual Roti Hangat Tiap HariFoto: Istimewa

Dari Bogor, bisa mampir ke kota Bandung. Di kota kembang ini, ada toko roti Sidodadi yang sudah berjualan sejak tahun 1954. Letaknya di Jalan Otista, dan nuansa tokonya mirip seperti toko-toko kue yang ada di tahun 50an.

Ciri khas dari produk roti di sini terletak pada cara pemanganggannya. Mereka masih menggunakan arang, sehingga aroma dan rasa roti lebih kuat. Varian roti yang paling favorit ada roti kismis, roti gambang, dan roti tawar. Tersedia juga aneka jajanan pasar yang siap jadi teman ngeteh.


Toko Sidodadi Roti & Kue
JL. Otto Iskandar Dinata No.255.
Karanganyar, Bandung, Jawa Barat.
Telp: (022) 4203361

3. Roti Go
Toko Roti Jadul Puluhan Tahun Ini Masih Jual Roti Hangat Tiap HariFoto: Istimewa

Berkunjung ke Purwokerto, ada toko Roti Go yang disebut sebagai salah satu toko roti jadul dan paling tua di Indonesia. Toko roti ini pertama kali berdiri di tahun 1898, oleh sepasang suami istri bernama Go Kwe Ka dan Oei Oak Ke Nio.

Masih eksis hingga sekarang, toko roti ini jadi pusat destinasi oleh-oleh. Tersedia lebih dari 80 varian roti klasik, dari tawar, kismis, cokelat, hingga keju. Lalu ada 10 cake klasik seperti black forest dan lainnya.

Toko Roti Go
Jl. Jend. Soedirman, Kauman Lama.
Purwokerto, Jawa Tengah.
Telp: (0281) 636241

4. Toko Roti Tegal
Toko Roti Jadul Puluhan Tahun Ini Masih Jual Roti Hangat Tiap HariFoto: Istimewa

Di Jakarta ada Toko Roti dan Kue Tegal yang sudah berdiri sejak tahun 1968. Toko roti klasik ini, letaknya di wilayah Matraman. Punya banyak menu roti, kue, hingga kudapan tradisional. Desain tokonya pun masih klasik.

Di sini menu favoritnya ada puff pastry yang dipanggang dengan renyah, dan warnanya kekuningan. Lalu terdapat kue cokelat yang mirip seperti brownies, lengkap dengan potongan kacang mete dan tekstur yang cukup padat.

Toko Roti Tegal
Jalan Matraman Raya Nomor 68.
Matraman, Jakarta Timur.
Telp: (021) 8565783

5. Toko Roti Orion
Toko Roti Jadul Puluhan Tahun Ini Masih Jual Roti Hangat Tiap HariFoto: Istimewa

Sejak tahun 1932 ada toko roti Orion yang sudah legendaris dan terkenal di kota Solo. Toko roti ini cukup besar, dan tak hanya menjual roti saja, tapi camilan lainnya. Dari permen hingga keripik.

Letaknya ada di dekat Pasar Gede, menu andalan yang paling favorit di sini ada kue lapis. Rasanya legit dan manis, karena diolah dengan selai nanas, kismis, dan menggunakan rum butter. Ada juga bolu gulung berisi selai moka yang tak kalah enak.

Toko Roti Orion
Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.80.
Solo, Surakarta, Jawa Tengah.

Baca Juga: Eksis Puluhan Tahun, 5 Martabak Ini Tetap Jadi Favorit

Simak Video "Berkunjung ke Toko Roti Legendaris Pekanbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)