10 Kuliner Semarang, yang Paling Terkenal Enak

Rizky Wika Shintya Devi - detikFood Rabu, 14 Agu 2019 17:30 WIB
Kuliner Semarang: nasi goreng babat. Foto: detikFood Kuliner Semarang: nasi goreng babat. Foto: detikFood
Jakarta - Melancong ke Semarang, jangan lewatkan kulinernya. Kuliner Semarang yang terkenal punya citarasa enak dan bikin kangen terobati.

Semarang merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Tengah, yang memiliki berbagai macam kuliner yang khas. Wisata kuliner Semarang, Jawa Tengah juga termasuk bagian makanan yang mungkin tidak bisa ditemukan di kota lain, meskipun ada, tapi olahan rasanya pasti berbeda dari kuliner Semarang.

Berikut beberapa pilihan rekomendasi DetikFood mengenai artikel kuliner Semarang serta jajanan yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Loenpia Gang Lombok

Kuliner Semarang: Loenpia.Kuliner Semarang: Loenpia. Foto: (Thinkstock)

Kuliner tradisional Semarang ini, pastinya termasuk dalam daftar teratas buat kamu yang ingin pergi meluncur ke sana. Lumpia dan Kota Semarang bagaikan bersahabat karib dan takkan terpisahkan, bahkan Semarang sering disebut dengan istilah Kota Lumpia.

Loenpia Gang Lombok ini termasuk gerai tertua yang menjual lumpia di Semarang. Di tempat ini, lumpia disajikan dalam 2 jenis, yaitu lumpia basah dan lumpia goreng.

Lumpia sendiri memiliki isian yang terdiri dari rebung dan saus petis sehingga membuat rasa khas Semarang semakin melekat. Tapi, disini variasi isi semakin beragam, seperti udang dan ayam.

Buat kamu yang akan membawa lumpia ini dijadikan oleh-oleh, jangan khawatir. Lumpia di sini dapat tahan selama 3 hari untuk lumpia goreng, sedangkan lumpia basah hanya bisa bertahan selama 1 hari dan semua lumpia tersebut dibuat secara alami atau tanpa bahan pengawet. Untuk menjaga cita rasa lumpia ini, masih dijaga keasliannya loh dengan dibuat secara tradisional .

Loenpia Gang Lombok
Jalan Gang Lombok No. 11
Purwodinatan, Semarang Tengah
Buka pukul 08.00 - 17.00 WIB

2. Warung Mangut Welut Hj. Nasimah

Di Warung ini, mangut diolah dalam berbagai bahan seperti belut, ikan pari dan kepala ikan manyung. Mangut merupakan salah satu kuliner khas Semarang yang berupa gulai encer yang bercita rasa sangat pedas.

Warung yang sering dikenal dengan nama Warung Nasimah ini sudah ada sejak tahun 1980. Menu awal di warung ini hanya berupa daging manyung dan kepala ikan, akhirnya pelanggan menyarankan untuk membuat menu makan dengan rasa pedas dan Bu Nasimah, si pemilik warung membuat menu mangut ini.

Dengan cita rasa yang pas dengan pencampuran antara kuah bumbu mangut dengan daging belut, akhirnya mangut belut menjadi primadona dari menu lainnya. Banyak pelanggan yang mengaku ketagihan dengan kuah mangut ini loh, wah penasaran kan gimana rasanya?

Warung Mangut Welut Hj. Nasimah
Jl. Menoreh Raya No.10B,
Sampangan, Kec. Gajahmungkur
Kota Semarang, Jawa Tengah
Buka pukul 08.00 - 17.00 WIB, tiap hari Senin-Sabtu

3. Soto Bangkong

Kuliner Semarang: soto bangkong.Kuliner Semarang: soto bangkong. Foto: iStock

Soto Bangkong merupakan soto ayam kampung khas Semarang. Nama warung makan ini terinpirasi dari perempatan jalan tempat warung soto ini berada. Konon kabarnya, perempatan ini dulu banyak kodok sehingga banyak pelanggan yang menyebut ini Soto Bangkong (kodok dalam bahasa Jawa).

Di warung soto ini, rasa soto memiliki rasa autentik dari kecap, yang hanya diproduksi oleh si pemilik warung. Selain itu, penggunaan daging ayam kampung membuat soto semakin terasa gurih dan enak.

Soto Bangkong memiliki tampilan bening, isian soto ini berupa mi soun, tauge, tomat, dan irisan daging sapi lembut nan melimpah. Kamu akan merasakan cita rasa gurih dan segar yang sangat pas perpadu dengan isiannya.

Awalnya warung soto ini hanya berada di Semarang, tapi kini warung ini sudah membuka cabang di daerah Jakarta. Soto Bangkong di Jakarta ini terletak di kawasan Pakubuwono dan Kelapa Gading.

Soto Ayam Bangkong
Jl. Brigjen Katamso No.1,
Karangtempel, Kec. Semarang Sel
Kota Semarang, Jawa Tengah
Buka pukul 07.00 - 22.00 WIB

4. Nasi Goreng Babat Pak Taman

Sesuai dengan namanya, nasi goreng disajikan bersamaan dengan empuknya daging babat. Nasi goreng babat disini memiliki cita rasa pedas-manis dan sensasi gurih yang ada berkat tambahan potongan kecil babat seperti usus sapi.

Warung ini memiliki keunikan dari nasi goreng babat lainnya, yakni dengan menggunakan telur bebek pada campuran nasi gorengnya. Wah, menggiurkan ya.

Dari sekian banyak pecinta kuliner nasi goreng babat, terpilihnya warung nasi goreng babat ini yang masih melekat kuat di hati mereka. Kebayang dong seenak apa sih nasi goreng babatnya?

Dan, jika kamu mau berkunjung ke sini untuk mencoba kuliner Semarang (https://www.detik.com/tag/kuliner-semarang) yang satu ini, disarankan untuk menghindari jam - jam ramai pengunjung, seperti jam makan siang nih.

Nasi Goreng Babat Pak Taman
Jl. Stadion Selatan, Karangkidul,
Kec. Semarang Tengah, Jawa Tengah
Buka pukul 07.00 - 16.00 WIB

5. Nasi Gandul Pak Memet

Kuliner Semarang: nasi gandul.Kuliner Semarang: nasi gandul. Foto: Instagram

Nasi Gandul sendiri sebenarnya merupakan kuliner khas Pati, Jawa Tengah, tapi ternyata Nasi Gandul ini banyak tersedia di Semarang dan yang paling terkenal ialah Nasi Gandul Pak Memet.

Olahan nasi hangat yang dinikmati dengan lauk (daging sapi dan jeroan sapi) dan kuah santan khas nya ini, disajikan dengan menggunakan daun pisang sebagai alasnya. Selain menambah harum, penggunaan daun pisang menjadi ciri khas nasi gandul ini loh.

Para pelanggan yang datang mencoba kuliner semarang ini biasanya akan menambah hingga dua sampai tiga porsi. Walaupun hanya bertempat dengan tenda sederhana, tapi pelanggan yang ke sini tak pernah sepi. Jadi, kamu harus sabar mengantre ya.

Nasi Gandul Pak Memet
Jalan Dokter Cipto No.12,
Bugangan, Kec. Semarang Tim
Kota Semarang, Jawa Tengah 50123
Buka pukul 04.30- 21.30 WIB

6.Toko Oen

Toko Oen menjual beraneka ragam mulai dari es krim hingga makanan berat. Toko Oen sendiri bermula di Kota Yogyakarta pada 1910 dan selanjutnya berkembang di Semarang pada 1935. Toko yang memiliki nuansa kental dengan zaman kolonial ini menjual menu utama berupa bistik lidah sapi dan menu indonesia, berupa nasi goreng.

Selain kamu bisa menikmati makanan berat, kamu bisa mencicip kue kering legendaris Toko Oen ini loh yang cocok untuk dijadikan cemilan dan oleh-oleh untuk keluaraga di rumah. Tak hanya kue, kamu bisa menikmati dinginnya es krim yang dibuat dengan menggunakan mesin dari Italia tahun 1920-an.

Terkenalnya toko ini, salah satunya disebabkan oleh cita rasa yang tidak pernah berubah sejak didirikan, kebayangkan kamu bisa menikmati suasana plus rasa khas resep pertama kali toko ini dibuka.

Toko Oen
Jl. Pemuda No.52
Bangunharjo, Kec. Semarang Tengah
Kota Semarang, Jawa Tengah
Buka pukul 09.30 - 21.30 WIB


7. Es Puter Cong Lik

Kuliner Semarang: es puter.Kuliner Semarang: es puter. Foto: Istimewa

Mau kuliner Semarang murah? Cobalah seporsi es puter Cong Lik ini. Kamu pilih berbagai varian rasa, seperti coklat, alpukat, durian, dan kelapa. Jika menjelang puasa tersedia juga rasa lainnya seperti nangka, sirsak, kacang hijau, blewah hingga leci.

Konon, awal mula nama es puter Cong Lik ini berasal dari singkatan julukan penjual dari para pelanggannya, Cong Lik, merupakan singkatan dari Kacung Cilik (pembantu kecil).

Es puter ini juga disebut dengan es dung dung, yang mana terbuat dari bahan santan sebagai pengganti susu. Salah satu kuliner legendaris ini bertekstur agak kasar dengan perpaduan sensasi manis dan asin

Es Puter Cong Lik
Jl. Kh Ahmad Dahlan No.11, Karangkidul,
Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
Buka pukul 18.00 - 23.30

8. Lekker Paimo

Wisata kuliner Semarang selanjutnya adalah Lekker Paimo yang memiliki keunikan dari lekker lainnya berupa varian rasa lekker yang menyajikan gurih asin, dari bahan keju mozarella dan sosis. Tapi, jangan khawatir di sini juga menjual varian manisnya loh.

Inpirasi warung ini berasal dari nama si pemilik, yaitu Paimo, seorang pria yang sering menjadi perbincangan pecinta kuliner Semarang.

Nah, untuk kamu yang jauh dari lokasi warung ini, kamu bisa menjangkau ke salah satu cabang lainnya yang terletak di Jalan Mangunsarkoro, Semarang.

Lekker Paimo
Jl. Karang Anyar No.37,
Brumbungan, Kec. Semarang Tengah,
Kota Semarang, Jawa Tengah
Buka pukul 10.00 - 17.00

9. Tahu Gimbal Pak Eddy

Kuliner Semarang: tahu gimbal.Kuliner Semarang: tahu gimbal. Foto: (Bonauli/detikTravel)

Tahu gimbal merupakan makanan dengan tahu goreng dan bakwan udang sebagai bahan utamanya. Asal mula kata 'gimbal' berasal dari sebutan 'udang' bagi orang Semarang. Seporsi tahu gimbal nan lezat ini bisa kamu pesan dengan tingkat kepedesan yang berbeda.

Adonan bakwan yang dicampur dengan udang lalu tahu goreng dan bakwan itu dipotong kecil-kecil dan disiram dengan saus kacang beserta irisan kol, lontong, telur,dan kubis untuk menambah kenikmatan. Jadilah seporsi tahu gimbal yang siap disantap.

Ternyata ada pula loh wisatawan asing yang menikmati tahu gimbal Pak Eddy ini. Wah, terkenal juga ya kuliner Semarang satu ini.

Tahu Gimbal Pak Eddy
Jl. Menteri Supeno, Mugassari
Kota Semarang, Jawa Tengah
Buka pukul 10.00- 23.00

10. Kampoeng Semawis

Kuliner Semarang: Kampoeng Semawis.Kuliner Semarang: Kampoeng Semawis. Foto: detikFood

Nah, tempat ini cocok untuk berkumpul bersama keluarga bahkan teman untuk menjelajahi tiap makanan ringan hingga berat. Dan, makanan di sini berasal dari Indonesia hingga mancanegara.

Di tempat ini kamu bisa menyantap makanan, seperti martabak manis, churros, cakue, Korean pancake, dan masih banyak lagi.

Selain berwisata kuliner di Semarang, kamu juga bisa membeli oleh-oleh di sini loh, seperti aksesoris wanita, jilbab, baju. Wah, menarik ya!


Kampoeng Semawis
Jl. Kedung Mundu Raya, Sendangguwo, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah
Buka pukul 18.00 hingga tengah malam







kuliner semarang terdekat
makanan sehat di semarang

Simak Video "Kenikmatan Hakiki! Makan Es Krim Sambil Selfie di Museum"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)