Kuliner Legendaris Indonesia

Segar Manis Alami Es Krim Jadul Ada di 5 Tempat Ini

Riska Fitria - detikFood Rabu, 14 Agu 2019 15:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sore ini bisa makan es krim di kedai legendaris yang ada di Jakarta. Es krimnya pakai bahan alami dan kelezatannya terjaga hingga kini.

Jika Anda ingin menikmati es krim sambil bernostalgia, Anda bisa kunjungi beberapa kedai es krim yang sudah ada puluhan tahun ini. Lokasinya tersebar di beberapa kawasan Jakarta.

1. Tjan Njan
Segar Manis Alami Es Krim Jadul Ada di 5 Tempat IniFoto: detikFood

Kedai es krim ini sangat kuno. Mulai berdiri sejak tahun 1951. Bahkan Presiden Pertama RI, Soekarno Hatta pernah singgah di kedai ini untuk menikmati es krimnya. Sejak 1991, kedai ini tutup kemudian diganti dengan bangunan hotel. Namun, es krim Tjan Njan tetap bertahan dan dijual di hotel tersebut yang bernama Hotel Cikini.

Es krim ini dikemas dalam wadah dengan ukuran yang berbeda-beda, mulai dari yang terkecil, hingga terbesar. Ada sekitar 12 varian rasa yang rasanya Indonesia banget. Seperti es kopyor, malaga, alpukat, tape ketan, kajang ijo, durian, hingga nougat. Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 15.000 - Rp. 80.000.

Tjan Njan
Jl. Cikini Raya No.48-50
Jakarta Pusat
(021) 3103846

2. Baltic
Segar Manis Alami Es Krim Jadul Ada di 5 Tempat IniFoto: Istimewa

Tak jauh dari lokasi es krim Tjan Njan, ada kedai es krim yang juga dikenal kelezatannya sejak 80 tahun silam. Pertama didirikan pada tahun 1939. Kedainya tidak terlalu luas, sekiranya bisa menampung sekitar 10 pengunjung. Meskipun begitu, rasa es krimnya tidak mengecewakan. Es krim di sini tersedia dalam dua varian, es krim stick dan es krim cup.

Rasanya juga beragam, mulai dari kacang ijo, cokelat, vanilla, kacang merah, kopyor, mocca hingga peppermint. Teksturnya lembut, dengan rasa susu yang begitu kuat. Harga yang ditawarkan sekitar Rp.4.000 - Rp. 42.000.

Baltic
Jalan Kramat Raya No.12
Jakarta Pusat
(021) 3906409

Baca Juga : Ini Dia Es Krim Organik Bentuk Unik yang Akan Jadi Tren

3. La Casa Zangrandi
Segar Manis Alami Es Krim Jadul Ada di 5 Tempat IniFoto: Zomato

Es krim La Casa Zangrandi pertama hadir di kota Surabaya pada tahun 1930. Setelah berhasil menarik perhatian banyak orang, kini es krim legendaris tersebut memiliki banyak cabang yang tersebar di kota-kota besar Indonesia. Salah satunya di Jakarta.

Es krim ini dibuat dengan bahan-bahan alami dan tersedia dalam berbagai varian rasa. Mulai dari vanilla, cokelat, durian, kelapa, mocca, Strawberry dan buah-buahan segar lainnya. Es krim tersebut dibanderol dengan harga sekitar Rp. 30.000.

La Casa Zangrandi
Jl. Boulevard Raya TB2 No. 18, Kelapa Gading
Jakarta Utara
(021) 4528239

4. Ragusa
Segar Manis Alami Es Krim Jadul Ada di 5 Tempat IniFoto: OneDeeFood

Di kedai es krim Ragusa, menawarkan sensasi makan es krim sambil bernostalgia ke jaman dulu. Pertama berdiri sejak tahun 1932, bangunan kedai ini juga masih mempertahankan gaya bangunan tempo dulu.

Es krim yang ditawarkan di kedai ini pun juga menggunakan resep tempo dulu dan dibuat komposisi susu sapi asli. Varian rasa ada mulai dari cokelat, vanilla, mocca, nougat, durian, banana split, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, hanya berkisar antara Rp. 15.000 - Rp. 35.000.

Ragusa
Jl. Veteran I No.10
Jakarta Pusat
(021) 3849123

5. Tropik
Segar Manis Alami Es Krim Jadul Ada di 5 Tempat IniFoto: Istimewa

Tempat ini merupakan restoran tetapi memiliki sajian menu es krim sejak lebih dari 60 tahun. Pertama berdiri pada tahun 1950, es krim di sini dibuat langsung di restoran ini. Letaknya agak sulit ditemui, karena berada di gang sempit.

Namun, itu terbayarkan dengan rasa es krim yang mampu memanjakan lidah pengujung sampai bikin ketagihan. Es krim disajikan dalam wadah kaca berbentuk lonjong. Satu porsi terdiri dari es krim rasa vanilla dan cokelat. Kemudian ditambah sepotong wafer, lengkap dengan taburan kacang halus dan susu. Harganya berkisar antara Rp. 6.000 - Rp 33.000.

Tropik Restaurant
Jl. Pasar Baru No.28A, Pasar Baru
Jakarta Pusat
(021) 3457474

Baca Juga : Dijamin Puas! Seporsi Es Krim Ini Terdiri dari 16 Rasa

Simak Video "Lezat Menggoda Nasi Uduk Pulen Dipadu dengan Cumi Pedas"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)