Agar Bisa Pesan Kopi yang Tepat di Kafe, Coba Tiru Cara Barista Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 14 Agu 2019 07:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Suka ngopi di kafe? Jika masing bingung mau pesan kopi apa? Cobalah contek ilmu para barista saat memesan kopi di kafe.

Barista adalah orang yang paling menguasai kafe. Dari menyambut tamu, meracik pesanan kopi hingga memahami semua hal tentang kopi. Dari teknik roasting, manual brewing hingga mesin kopi espresso.

Supaya Anda tidak salah dalam memesan kopi Anda bisa mengikuti saran yang dilansir dari Insider (6/8).,

Baca Juga: Minum Kopi Terbukti Tak Ada Kaitan dengan Sulit Tidur

Agar Bisa Pesan Kopi yang Tepat di Kafe, Coba Tiru Cara Barista IniFoto: iStock

1. Pesanlah kopi hitam tawar

Dengan memesan kopi hitam saja seorang barista sudah tahu kualitas menu kopi di sebuah kafe.

Garrett Oden, mantan manager kafe dan pendidik JavaPresse Coffee Co., mengatakan bahwa pesanan favoritnya di kafe selalu secangkir kopi hitam. Meskipun banyak kafe punya mesin espresso dan manual brewing, tetapi banyak yang meninggalkan coffee drip berjam-jam.

Kafe berkualitas biasanya punya regular coffee drip sebanyak menu kopi lainnya. Merupakan standar pengecekan kualitas sepanjang hari seperti espresso.

2. Tanyalah racikan spesial kafe

Jika Anda tidak dapat memutuskan apa yang Anda ingin pesan di kafe, ikuti saja saran barista.

"Jika saya ingin mencari sesuatu yang berbeda, saya selalu bertanya pada barista tentang menu kopi rekomendasi mereka," kata Allie Caran.

Agar Bisa Pesan Kopi yang Tepat di Kafe, Coba Tiru Cara Barista IniFoto: iStock

3. Pesan minuman tanpa gula saat liburan.

Jika Anda ingin mengurangi kalori dan gula berlebih, Anda bisa memilih menu kafe limited edition. Sebab saat liburan banyak kafe menciptakan menu spesial mereka dengan menggunakan sirup atau kopi bebas gula.

Emily Tills, ahli diet dan mantan barista Starbucks mengatakan bahwa minuman ketika ia liburan adalah kopi grande dengan siraman sirup peppermint bebas gula dan saus moka di atas krim vanila manis. Kombinasi ini menambah rasa manis tanpa menambahkan kalori berlebih.

4. Tanpa susu dan gula

Dengan tidak menambahkan susu dan gula akan memungkinkan Anda untuk benar-benar merasakan kualitas dari biji kopi. Sebab kopi hitam memiliki rasa asli dari biji kopi tanpa tertutup susu dan gula.

Penikmat kopi sejati pasti lebih ingin merasakan biji kopi dengan maksimal daripada kopi manis lainnya. Felton Jones, ketua PJ'S Coffee, mengatakan bahwa dengan memesan kopi hitam memungkinkan Anda untuk benar-benar menghargai rasa asli dari kopi tersebut.

"Minuman saya di kafe manapun hanya secangkir kopi hitam. Saya suka aroma dan rasa kopi hitam, karena benar-benar membuat saya merasakan biji kopi asli," kata Felton. Ia juga menambahkan bahwa kopi lain yang ditambahkan pemanis sering kali mengalahkan rasa kopi yang lebih berkualitas.

Agar Bisa Pesan Kopi yang Tepat di Kafe, Coba Tiru Cara Barista IniFoto: iStock

5. Pesan kopi dark roast jika lambung sensitif

Tak jarang kopi mengakibatkan perut sakit atau gangguan pencernaan. Solusinya, ganti kopi favorit dengan kopi dark roast.

"Kopi dark roast lebih ringan di perut karena makin gosong kopi tersebut semakin sedikit tingkat keasaman yang dihasilkan," kata Felton.

Tips ini didukung oleh pengetahuan. Pada 2010, American Chemical Society melaporkan bahwa kopi jenis espresso, French Roast, dan kopi dark roast mengandung senyawa yang memberitahu perut untuk menekan kembali produksi asam.

6. Cobalah cortado untuk espresso ringan

Cortado dibuat sama dengan espresso karena menggunakan susu hangat dengan porsi yang sama. Susu mengurangi keasaman kopi tanpa menambahkan terlalu banyak rasa lainnya.

"Minuman kesukaan saya adalah cortado. Karena menggunakan susu dalam jumlah yang tepat, namun tetap tidak mengalahkan rasa biji kopi," ungkap Meg Semeniuk, manajer di kedai kopi OTL di Miami.

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyeduh Kopi



Simak Video "Black Forest dan Opera Cake Legendaris yang Menggoyang Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)