Kuliner Legendaris Indonesia

Bertahan Puluhan Tahun Menjaga Kualitas dan Rasa Hidangan Tradisional

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 13 Agu 2019 12:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Mengiringi bertambahnya usia Republik Indonesia banyak para legenda kuliner bertumbuh bersama. Menjajakan hidangan trasdisional sambil menjaga kelestariannya.

Di tengah pertumbuhan pesat masyarakat Indonesia, kuliner Indonesia juga turut berkembang. Beragam hidangan tradisional tersedia, namun makanan modern juga diadaptasi dan hadir sebagai tuntutan zaman.

Banyak penjual makanan tradisional yang ada sejak puluhan tahun silam, bahkan sebelum Indonesia merdeka. Dari penjaja gudeg, kue-kue tradisional, toko roti, soto hingga sate yang terkenal kelezatannya.


Bertahan Puluhan Tahun Menjaga Kualitas dan Rasa Hidangan TradisionalFoto: iStock


Di tangan para legenda kuliner pelestarian kuliner tradisional terus dijaga, Mereka pun kini mulai diberi kesempatan untuk menampilkan kulinernya kepada masyarakat yang lebih luas. Wadahnya berupa beragam festival kuliner. Sebut saja Festival Jajanan Bango, Festival Kuliner yang digagas Summarecon grup, Kampoeng Legenda dan beragam festival kuliner lainnya.

Di festival itu kuliner yang terpopuler di daerah, dibawa ke Jakarta. Diperkenalkan dengan masyarakat urban perkotaan yang punya selera berbeda, Uji rasa dan uji pasar kuliner legendarispun menjadi cara untuk pelestariannya.

Di tingkat internasional, World Street Food Congress selama beberapa tahun membawa penjual kuliner tradisional memperkenalkan kulinernya pada berbagai bangsa di dunia. Cara inipun membuat hidangan Indonesia makin dikenal secara global.

Bertahan Puluhan Tahun Menjaga Kualitas dan Rasa Hidangan TradisionalFoto: iStock


Memperingati HUT RI ke-74 detikfood mengajak Anda mengenal kembali jagoan kuliner legendaris dari berbagai daerah. Bagaimana mereka bertahan lebih dari 2 dekade? Apa yang mereka lakukan untuk mempertahankan kualitas di tengah gempuran makanan modern?

Kini tren kembali ke citarasa lokal sedang marak. Banyak jenis hidangan tradisional dihadirkan dengan kemasan modern. Kuliner Indonesia mendapatkan 'tempat' baru di hati masyarakat Indonesia. Kuliner legendaris pun kembali dicari dan diminati banyak orang.

Bertahan Puluhan Tahun Menjaga Kualitas dan Rasa Hidangan TradisionalFoto: iStock


Pasang surut kuliner tradisional legendaris akan kami ungkap secara lebih luas. Semoga perkembangan zaman tak menyurutkan semangat para legenda kuliner Indonesia. Di tangan mereka pelestarian kuliner Indonesia tetap terjaga. Dirgahayu kuliner tradisional Indonesia!



Simak Video "Nyobain Jajanan Enak Sambil Melepas Penat di Pasar Ah Poong"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)