Aturan Menyimpan Bumbu dan Saus dalam Kulkas yang Perlu Kamu Tahu

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 13 Agu 2019 10:00 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Seringkali saus disimpan dalam kulkas supaya awet dan tetap segar. Namun ternyata saus dan mustard tidak perlu disimpan dalam kulkas, ini alasannya.

Beberapa dari Anda tentu sering menyimpan makanan di dalam kulkas. Dari berbagai jenis makanan, salah satu yang sering disimpan di dalam kulkas adalah saus sambal atau saus dalam kemasan botol lainnya.

Setelah disimpan dalam jangka waktu tertentu, tidak sedikit yang mengeluhkan perubahan rasa. Selain itu, saus juga biasanya lebih sulit untuk dikeluarkan dari botol.

Aturan Menyimpan Bumbu dan Saus dalam Kulkas yang Perlu Kamu TahuFoto: iStock

Today (10/8) melaporkan, ternyata beberapa saus seperti saus tomat, mustard, saus tiram, kecap ikan, madu, kecap asin, dan saus sambal tidak perlu disimpan di kulkas. Tanpa kondisi dingin, bumbu dan saus ini memang sudah dirancang bisa bertahan di suhu ruangan.

Begitu juga dengan cuka, minyak zaitun, dan minyak kelapa. Pada kasus minyak kelapa bahkan menyimpannya di kulkas bisa membuat minyak sehat ini membeku.

Selai kacang juga jadi perhatian pakar. Meski bisa disimpan di suhu ruang, pastikan tidak mencelup selai kacang menggunakan pisau yang sama untuk mencelup selai lain. Ini agar bakteri tidak berkembang di dalamnya. Jika sudah terlanjur, selai kacang wajib disimpan di kulkas.

Aturan Menyimpan Bumbu dan Saus dalam Kulkas yang Perlu Kamu TahuFoto: iStock

Baca Juga: Trik Mudah Bersihkan Kulkas Sebelum Diisi Stok Makanan Baru

Untuk saus tomat, sebenarnya Anda juga boleh menyimpannya tak di kulkas. Anda hanya cukup memperhatikan seberapa sering pemakaiannya. Kalau sering, saus tomat ditaruh di meja dapur saja. Tapi kalau jarang, simpan di kulkas agar kualitas saus bertahan lebih lama.

Namun berbeda dengan produk susu, yogurt, dan bahan makanan lain yang menggunakan telur. Semuanya wajib disimpan di kulkas. "Semua yang dengan sayur atau citrus harus dimasukkan dalam kulkas," ujar Lauren Feingold selaku pakar kuliner dan gizi.

Aturan Menyimpan Bumbu dan Saus dalam Kulkas yang Perlu Kamu TahuFoto: Getty Images

Ada juga minyak almond atau minyak wijen yang sebaiknya disimpan di kulkas. Hal ini guna mencegah keduanya jadi tengik.

Yang patut diperhatikan, Feingold merekomendasikan selai atau jelly turut disimpan dalam kulkas. Walau banyak orang menyarankan sebaliknya karena kandungan gula yang tinggi dianggap mampu menjaga kualitas makanan itu, pakar keamanan pangan tidak berkata demikian. Selai sebaiknya ditaruh di kulkas karena cepat membusuk.

Baca Juga: Begini Cara Benar Simpan Es Krim di Kulkas Agar Tak Ada Kristal Es



Simak Video "Black Forest dan Opera Cake Legendaris yang Menggoyang Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)