Pedes Krenyes Nikmatnya Ayam Geprek Sambal Tauge

Arum Safiri - detikFood Minggu, 11 Agu 2019 12:00 WIB
Foto: Bagus Kurniawan/detikcom Foto: Bagus Kurniawan/detikcom
Yogyakarta - Ada banyak varian ayam geprek yang ditawarkan saat ini. Di Yogyakarta kamu bisa menikmati ayam geprek sambal tauge yang segar mantap.

Sajian ayam geprek atau ayam penyet sudah ada sejak dulu di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ayam goreng digeprek atau dipipihkan di atas sambal dan disajikan dengan nasi putih. Variannya juga makin beragam. Ada yang pakai sambal rawit merah, sambal cabai hijau hingga sambal dengan topping keju leleh.

Rasa pedas gurih menjadi daya tarik sajian ayam ini. Di Yogyakarta ada ayam geprek sambal tauge. Sajian ayam ini ada Kedai Nyonya Mihcin. Lokasinya di Jalan Ipda Tut Harsono, Timoho No 49A, Kota Yogyakarta dan di kawasan Perwita Asri 2 Mancasan Kidul, Depok, Sleman.


Pedes Krenyes Nikmatnya Ayam Geprek Sambal Tauge Foto: Arum Safiri/detikcom


Ayam yang dihidangkan merupakan ayam goreng biasa yang kemudian dibalut dengan sambal tauge dan daun kemangi. Rasa tauge yang dicampur dengan sambal cabe rawit merah memberikan sensasi pedas segar di mulut. Seperti ayam geprek umumnya di sini juga ada pilihan tingkat pedasnya dari level 1 (normal) sampai level 10 atau pedas sekali.

Menurut Anjario, pemilik Geprek Sambel Tauge di Jl Ipda Tut Harsono, ayam geprek ini terinspirasi dari makanan khas Tegal yaitu Ikan Pecak.

"Sebenarnya ini terinspirasi dari makanan khas Tegal yaitu ikan Pecak. Kalo di sana biasanya pakai ikan pari atau ikan manyung," katanya.

Namun karena di Yogyakarta untuk nyari bahan ikan tersebut susah didapat kemudian diganti ayam. "Ternyata kita ganti pakai ayam banyak yang suka," katanya.

Pedes Krenyes Nikmatnya Ayam Geprek Sambal Tauge Foto: Arum Safiri/detikcom


Menurutnya untuk pembuatan juga sama. Setiap harinya masing masing cabang bisa menjual lebih dari 100 porsi. "Setiap harinya bisa menjual 100 porsi lebih di masing masing kedai. Ya ada yang lewat gofood atau grabfood dan ada juga yang langsung ke kedai," kata Anjario.

Harga untuk seporsi ayam geprek sambal tauge yang disajikan di atas daun pisang ini hanya Rp 13.500. Selain itu saat menikmatinya es teh bisa refill. Jangan khawatir, untuk menyentap geprek ini, selain dinikmati di tempat juga bisa memesannya lewat ojol.

Pedes Krenyes Nikmatnya Ayam Geprek Sambal Tauge Foto: Arum Safiri/detikcom


Ia menambahkan selain daging ayam, tauge dan kemangi, untuk sambal menggunakan cabe rawit sesuai level pedas yang diinginkan. Ditambah tomat, bawang putih, jeruk nipis, terasi dan garam.



Simak Video "Nikmatnya Nyantai Ditemani Mojito Segar dan Pasta Geprek Pedas"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)