Mahathir Mohamad Menjamu Jokowi dengan Cucur Udang dan Kambing Bakar

Devi Setya - detikFood Jumat, 09 Agu 2019 17:30 WIB
Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr
Jakarta - Sejak Kamis (8/8) Presiden Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan ke Malaysia. Di negeri jiran ini, Jokowi dijamu aneka makanan enak khas Malaysia.

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menyambut hangat kedatangan Presiden Jokowi beserta Ibu Negara, Iriana dan rombongan. Mahathir bahkan meberikan servis kelas atas bagi Jokowi, ia sendiri yang menyetir mobil yang ditumpangi pria asli Solo ini.
Mahathir Mohamad Menjamu Jokowi dengan Cucur Udang dan Kambing Bakar Foto: iStock

Baca juga : Ini 40 Makanan Malaysia Terenak Versi CNN, Kok Ada Rendang dalam daftarnya?

Di kediaman Mahathir, Jokowi juga dijamu dengan sederet makanan tradisional Malaysian yang enak. Jumat (9/8) siang sebelum bergegas sholat Jumat, Jokowi dan Mahathir menikmati makan siang.

Menu makanan yang tersaji ada hidangan pembuka, hidangan utama, menu nasi, makanan penutup serta aneka minuman.

Diketahui, Mahathir menyajikan beberapa hidangan pembuka mulai dari cucur udang, tauhu goreng, kerabu pucuk paku dan kerabu urap nangka. Cucur udang sendiri adalah sebutan untuk makanan yang mirip bakwan dengan isian sayuran hingga udang.
Mahathir Mohamad Menjamu Jokowi dengan Cucur Udang dan Kambing Bakar Foto: iStock

Untuk hidangan utama, Mahathir memilihkan kambing bakar, sambal potong petai, gulai lemak udang dan ayam percik. Yang unik dari menu ini adalah ayam percik yakni ayam bakar khas Malaysia yang dimasak dengan bumbu pekat dan kuat.

Hidangan utama ini bisa disantap dengan dua pilihan nasi yakni nasi kuning dan nasi telur terengganu. Hidangan ini diolah langsung oleh Chef Redzuawan Ismail, chef selebriti dan pakar kuliner terkenal di Malaysia.
Mahathir Mohamad Menjamu Jokowi dengan Cucur Udang dan Kambing Bakar Foto: iStock

Sementara bubur sum sum dan bubur pulut hitam jadi pilihan menu penutup pada jamuan makan ini. Nah soal minuman, Mahathir memilihkan kopi, teh dan teh tarik yang bisa dinikmati Jokowi dan Iriana.

Usai menikmati makan siang, Mahathir dan Jokowi bersama-sama pergi menuju Masjid Putra untuk menunaikan sholat Jum'at.

Baca juga : Ini Dia Kedai Nasi Lemak Termurah di Malaysia, Seporsi Cuma Rp 2.400!

Simak Video "Mantan PM Ikut Komentari Soal Rendang Ayam di MasterChef UK"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)