Kamu Bisa Bikin Scrambled Egg yang Creamy Ini Pakai Air

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 08 Agu 2019 06:32 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Mau bikin roti panggang dan scrambled egg atau orak-arik telur? Kamu cuman butuh telur dan air saja, scrambled egg sudah bisa dibikin. Begini caranya.

Membuat scrambled egg atau orak-arik telur tidaklah mudah. Karena harus pandai mengontrol api. Jika terlalu besar akan kering dan hangus dan jika terlalu kecil apinya akan berarti. Karena rumit maka banyak chef selebriti dunia memberikan tisp bikin omelet sesuai cara mereka.

Seperti Gordon Ramsay, Martha Stewart hingga seleb dunia lainnya menyebut tambahan krim akan bikin scrambled egg lebih gurih. Tapi bagaimana jika di rumah hanya ada telur dan air saja?


Vivian Chan, seorang Culinaru Producer dan food stylist melalui akun Instagramnya membagikan tips membuat Scrambled Eggs tanpa mentega atau minyak tetapi cukup pakai air saja.

Kamu Bisa Bikin Scrambled Egg yang Creamy Ini Pakai AirFoto: Instagram @missvivianwc


1, Tahap pertama isi panci sedang dengan air lalu rebus dengan api sedang hingga air berbutir kecil, pada proses awal mendidih.

2. Seperti membuat poached egg, aduk-aduk air dalam panci dengan sendok sayur dengan gerakan memutar cepat hingga air mulai panas.

Kamu Bisa Bikin Scrambled Egg yang Creamy Ini Pakai AirFoto: Instagram @missvivianwc


3. Kocok telur dalam mangkuk. Selagi air masih berputar cepat, tuangkan telur kocok, aduk sebentar lalu matikan api dan tutup panci.

4. Setelah 2 menit buka panci, telur akan mengapung di permukaan. Angkat segera dengan sendok peniris dan tiriskan hingga air habis.

Kamu Bisa Bikin Scrambled Egg yang Creamy Ini Pakai AirFoto: Instagram @missvivianwc


5. Taruh di atas roti panggang, beri garam dan merica. Kucuri saus cabai jika suka dan nikmati selagi hangat. Telur ini cocok buat mereka yang sedang mengurangi asupan lemak.



Simak Video "Pabrik Tahu Ini Diminati Para Pegowes untuk Sarapan"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com