Makanan Kaki Lima Lezat

Di Jalan Suryakencana, Bogor Bisa Jajan Cungkring hingga Soto Kuning

Devi Setya - detikFood Minggu, 04 Agu 2019 08:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kawasan Jalan Suryakencana memang dikenal sebagai surganya kuliner. Saat akhir pekan, jalanan ini dipenuhi foodies yang berburu makanan enak murah meriah.

Pastikan Anda datang dalam keadaan lapar ketika menyambangi kawasan ini. Berbagai jajanan kaki lima siap memanjakan lidah tanpa khawatir kantung jebol. Masih bingung mau jajan apa? Yuk simak rekomendasinya.

1. Cungkring Pak Jumat
Di Jalan Suryakencana, Bogor Bisa Jajan Cungkring hingga Soto Kuning Foto: dok. detikFood

Banyak yang belum tahu di Jalan Suryakencana ada jajanan bernama cungkring. Ini adalah jajanan yang dibuat dengan bahan baku lontong dan kikil yang disajikan dengan guyuran bumbu kacang kental.

Cungkring Pak Jumat jadi salah satu yang paling populer. Meski berjualan menggunakan gerobak sederhana, cungkring pak Jumat tetap eksis meskipun sudah berjualan sejak 40 tahun lalu.

Baca juga : Berburu 5 Soto Kuning Mantap di Jalan Suryakencana

2. Pepes Daniel
Di Jalan Suryakencana, Bogor Bisa Jajan Cungkring hingga Soto Kuning Foto: istimewa

Bosan dengan pepes jamur atau pepes ikan mas? Itu tandanya harus mencoba pepes oncom hingga pepes sagu pisang yang unik dan hanya ada di Bogor ini.

Pepes Daniel jadi satu-satunya pedagang pepes yang ada di Jalan Suryakencana. Di sini ada aneka pepes mulai pepes ikan, pepes ayam, pepes telur asin, pepes bandeng hingga otak-otak.

3. Combro dan Misro
Olahan singkong yang satu ini siap jadi teman ngemil sambil menjelajah Jalan Suryakencana yang lumayan panjang. Kalau suka kudapan gurih bisa jajan combro, sementara penyuka makanan manis wajib coba misro.

Selain teksturnya yang renyah, combro dan misro ini juga punya ukuran besar-besar. Hati-hati kalap ya karena jajanan yang dibanderol Rp 5.000 ini bikin ketagihan.

4. Soto Kuning Pak Yusuf
Di Jalan Suryakencana, Bogor Bisa Jajan Cungkring hingga Soto Kuning Foto: Devi S. Lestari/detikfood

Belum lengkap rasanya kalau ke Jalan Suryakencana tanpa menikmati semangkuk soto kuning Pak Yusuf. Lokasinya yang ada di pinggir jalan dengan tempat makan terbatas tak menyurutkan niat pembeli.

Semangkuk soto dengan isian aneka daging sapi hingga jeroan ini disiram dengan kuah kuning yang gurih dan hangat. Makin enak lagi disantap dengan sepiring nasi putih. Sedap!

Baca juga : Manjakan Lidah dengan 5 Makanan Enak di Jalan Suryakencana, Bogor

5. Bir Kotjok Bogor
Di Jalan Suryakencana, Bogor Bisa Jajan Cungkring hingga Soto Kuning Foto: istimewa

Cuaca panas Bogor bisa diredakan dengan segelas es bir kotjok Bogor. Eits, meski namanya bir tapi minuman ini tak mengandung alkohol dan tak bikin mabuk lho.

Bir kotjok mirip bir pletok khas Betawi yang terbuat dari rebusan air jahe dan kayu secang. Bedanya, wedang ini dikocok dahulu sampai berbuih sebelum disajikan. Rasanya nikmat!

Simak Video "Gurih Laksa Bihun hingga Pedas Mee Goreng Mamak yang Menggoda"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)