Makanan Kaki Lima Lezat

5 Warung Kaki Lima Ikonik Ini Punya Sajian yang Kondang Enaknya

Riska Fitria - detikFood Jumat, 02 Agu 2019 19:38 WIB
Foto: dok.detikFood
Jakarta - Mulai dari menu gule hingga satai tersedia di warung kaki lima di Jakarta ini. Warungnya ikonik karena terkenal punya menu yang lezat.

Makan makanan lezat tak harus di restoran mewah. Beberapa warung kaki lima ini juga sajikan menu yang tak kalah lezat dari restoran mewah. Meskipun berada di pinggir jalan, tetapi warung ini sangat populer dan menjadi ikonik di kawasan Jakarta. Berikut 5 warung kaki lima ikonik tersebut.

1. Gultik
5 Warung Kaki Lima Ikonik Ini Punya Sajian yang Kondang EnaknyaFoto: eatsss.yummy

Nama 'gultik' diambil dari singkatan Gule Tikungan. Dinamakan 'tikungan' lantaran warung gule ini berada di tikungan. Tepatnya di trotoar sebelah Utara Plaza Blok M. Warung gultik merupakan salah satu makanan kaki lima yang paling ikonik di Jakarta. Kabarnya warung gultik sudah ada sejak lama dan hingga kini selalu ramai pengunjung.

Warungnya menggunakan payung-payung tenda berwarna-warni. Di sana ada sekitar kurang lebih 20 warung yang menjajahkan menu gule. Gule dinikmati dengan sepiring nasi yang dibenderol seharga Rp.10.000. Selain itu Anda juga bisa menambah sate-satean seharga Rp.5.000. Anda bisa kunjungi tempat ini mulai dari jam 5 sore hingga jam 5 pagi.

2. Nasi Goreng Kebuli Apjay
5 Warung Kaki Lima Ikonik Ini Punya Sajian yang Kondang EnaknyaFoto: my eat and travel story

Nasi goreng kebuli apjay juga tak kalah populer. Tempatnya berada di parkiran minimarket sebelah Apotek Century yang dulu bernama Apotek Jaya. Nama 'Apjay' sendiri merupakan singkatan dari Apotek Jaya yang kini telah berubah nama tersebut.

Menu yang ditawarkan merupakan varian menu bakmi dan menu nasi goreng.Menu yang paling terkenal adalah menu nasi goreng kambing yang dimasak dengan bumbu kebuli. Harga yang ditawarkan berkisar antara Rp.22.000 hingga Rp.26.000 untuk satu porsinya. Lokasinya berada di Jl. Panglima Polim IX, Jakarta Selatan dan mulai beroperasi dari pukul 5 sore hingga jam 2 dini hari.

Baca Juga : Jalan-jalan ke Mangga Besar, Bisa Jajan Sate hingga Kuliner Ekstrem

3. Sop Kaki Kambing Roxy
5 Warung Kaki Lima Ikonik Ini Punya Sajian yang Kondang EnaknyaFoto: Istimewa

Sesuai namanya, warung kaki lima ini menawarkan menu sop kaki kambing. Kabarnya warung ini sudah terkenal sejak 2 dekade lalu. Satu porsi sop berisi 4 potong bagian kambing, seperti kikil atau kaki kambing, jeroan kambing, daging kambing dan kuping kambing. Semangkuk sop kaki kambing biasanya dihidangankan dengan sepiring nasi.

Kuahnya gurih bercampur santan, lengkap dengan emping dan potongan tomat di atasnya. Untuk satu porsi sop kaki kambing ini dibanderol seharga Rp.36.000. Warung ini memiliki cabang yang tersebar di Jakarta. Namun, yang paling populer adalah yang berlokasi di Jl. Biak, Roxy, Jakarta Pusat. Buka dari jam 4 sore hingga jam 1 dini hari.

4. Ketoprak Ciragil
5 Warung Kaki Lima Ikonik Ini Punya Sajian yang Kondang EnaknyaFoto: Zomato

Ketoprak Ciragil merupakan warung kaki lima yang sangat legendaris, karena sudah beroperasi dari tahun ke tahun. Ketoprak yang disajikan di sini terkenal akan rasanya yang lezat. Bumbu kacang yang digunakan memiliki tekstur yang halus dan sangat beraroma.

Satu porsi terdiri dari potongan lontong, tahu, bihun, telur ceplok hingga telur asin. Lengkap dengan kerupuk renyah di atasnya. Harga yang ditawarkan sekitar Rp.16.000 hingga Rp.30.000. Berlokasi di Jl. Ciragil II, Blok Q, No.24, Senopati, Jakarta Selatan. Anda bisa kunjungi mulai dari jam 10 pagi hingga jam 5 sore.

5. Sate Taichan Bang Ocit
5 Warung Kaki Lima Ikonik Ini Punya Sajian yang Kondang EnaknyaFoto: dok.detikFood

Dari sekian banyak warung sate thaican kaki lima, warung ini lah yang paling ramai pengunjung. Dikenal dengan nama sate Taichan Bang Ocit, warung ini dikabarkan sebagai salah satu pelopor munculnya warung sate taichan yang lain. Punya rasa yang menggugah selera, karena dibakar dengan campuran minyak sayur dan perasan jeruk nipis.

Umumnya satu porsi sate taichan berisi 10 tusuk, tetapi banyak pengunjung yang memesan sate ini hingga 80 tusuk sekaligus. Satu porsinya dibanderol dengan harga Rp.25.000. Warung ini dapat ditemukan di Jl. Patal Senayan No.2, Grogol Utara, Jakarta Selatan mulai dari jam 6 sore hingga 1 dini hari.

Baca Juga : 5 Bubur Ayam Kaki Lima Enak dan Legendaris di Jakarta

Simak Video "Sedap Nikmat Sate Taichan Bumbu Barbeque"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)