Makanan Kaki Lima Lezat

Ada Bakso Malang Ketupat dan Siomay Mantul di Dekat RS Mata Aini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 02 Agu 2019 14:15 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Kawasan Setiabudi dipenuhi penjual makanan kaki lima enak. Salah satunya di depan RS Mata Aini yang ramai waktu siang hingga sore hari.

Setiabudi merupakan area perkantoran yang padat lalu lalang para pegawai. Saat tiba waktu makan siang atau pulang kantor, mereka mencari makanan untuk mengganjal perut. Ada yang memilih makanan utama atau sekadar jajanan favorit.

Tak melulu ke mall atau kantin, para pegawai banyak yang memilih makanan kaki lima. Di sini ragam makanan dijual di gerobak dengan harga murah meriah. Meski begitu, rasanya memenuhi selera banyak pegawai.

Ada Bakso Malang Ketupat dan Siomay Mantul di Dekat RS Mata AiniFoto: dok. detikFood

Salah satu kawasan yang bisa disambangi adalah di depan Rumah Sakit (RS) Mata Aini. Di sini lebih dari 10 penjual kaki lima menawarkan makanan sejak siang hingga sore hari.

Baca Juga: 5 Bubur Ayam Kaki Lima Enak dan Legendaris di Jakarta

Pencinta gorengan bisa mampir ke gerobak Pak Salman. Ia menjajakan cireng, tahu, tempe, bakwan, hingga tape goreng seharga Rp 1.500 per buah. Kalau beli 7, harganya didiskon jadi Rp 10.000.

Pak Salman buka sejak pukul 9.30 hingga 23.00. Ia menggoreng dagangannya bertahap sehingga pengunjung bisa mendapat gorengan hangat-hangat saat mampir.

Ada Bakso Malang Ketupat dan Siomay Mantul di Dekat RS Mata AiniFoto: dok. detikFood

Melipir dari Gorengan Pak Salman, ada bakso Malang yang wajib dicoba. Bakso Malang ini sepertinya jadi salah satu favorit karena saat kami mampir pengunjungnya tak surut.

Bakso Malang menawarkan racikan unik karena berisi potongan ketupat. Harga per porsinya Rp 10.000 saja. "Semua bakso saya buat sendiri," ujar si penjual. Ia mengaku terinspirasi menambahkan ketupat karena ada yang meminta.

Ada Bakso Malang Ketupat dan Siomay Mantul di Dekat RS Mata AiniFoto: dok. detikFood

Tiap hari Bakso Malang di depan RS Mata Aini ini berjualan pukul 11.00 hingga 20.00. Ia bisa menghabiskan 10 kilo gram adonan bakso. Rupanya bakso Malang ini sudah punya penikmat setia.

Dua pegawai di kawasan Setiabudi, Suparno dan Windarto termasuk diantaranya. "Bakso ini rasanya enak, terjangkau. Mantul buat saya," ujar keduanya. "Kalau ke sini jajan bakso aja. Suka pakai ketupat," ujar Suparno.

Di sebelah bakso Malang, jangan lupa jajan rujak gerobakan. Harganya Rp 14.000 per porsi. "Saya sudah lama berjualan, gantiin suami yang sakit," ujar ibu penjual rujak yang ramah.

Ada Bakso Malang Ketupat dan Siomay Mantul di Dekat RS Mata AiniFoto: dok. detikFood

Rujak di sini berisi potongan buah segar yang didapat dari pasar Kober di Menteng Atas. Rujak dipadukan dengan saus gula merah dan garam pedas. Isiannya ada jambu air, jambu biji, belimbing, apel, dan mangga. "Mangga manalagi bisa pilih yang asam atau manis," kata penjual rujak.

Bagi yang suka siomay hangat-hangat, ada penjual siomay di sini. Cukup merogoh kocek Rp 13.000 bisa dapat siomay, otak-otak, tahu putih, tahu kuning, kol, pare, dan kentang.

Ada Bakso Malang Ketupat dan Siomay Mantul di Dekat RS Mata AiniFoto: dok. detikFood

Romy merupakan salah satu pegawai yang menyukai racikan siomay di depan RS Mata Aini. Baginya siomay di sini terasa enak dengan harga ramah di kantong.

Baca Juga: Batagor dan Siomay, Jajanan Murah a la Kaki Lima



Simak Video "Merakyat Nikmat! Angkringan Sampai Risol Pedas di Kawasan Blok M Square"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)