Di Lembang Ngopi Makin Asyik Ditemani Donat Susu

Yudha Maulana - detikFood Kamis, 01 Agu 2019 15:00 WIB
Foto: dok. detikFood/ Yudha Maulana Foto: dok. detikFood/ Yudha Maulana
Bandung - Jika ke Lembang biasanya tahu susu dan susu segar jadi kuliner khas yang wajib dicicipi. Tetapi kini ada donat susu yang empuk, wangi dan legit.

Warung Rucita yang memproduksi donat susu. Donat Susu Lembang ini krenyes saat digigit dan empuk teksturnya saat dikunyah. Memakai susu sapi segar yang diperoleh dari para peternak di Lembang. Karenanya aromanya gurih enak dan empuk rasanya.

Baca Juga: Mau Berwisata Kuliner di Lembang? Mampir Saja ke 5 Tempat Ini
Di Lembang Ngopi Makin Asyik Ditemani Donat SusuFoto: dok. detikFood/ Yudha Maulana

Donat susu buatan Warung Rucita ini digoreng langsung sehingga selalu disajikan hangat. Aroma gurih pun tercium saat donat-donat masuk ke wajan penggorengan.

Dibuat dengan campuran kentang yang dihaluskan sehingga teksturnya empuk tebal. Ukurannya yang mini, membuat donat home made ini pas jadi teman ngopi di sore hari. Selagi hangat, donat ditaburi dengan gula donat hingga rata. Donat gaya klasik dengan aroma susu segar ini memang bikin nagih. Tak cukup satu biji menyantapnya.
Di Lembang Ngopi Makin Asyik Ditemani Donat SusuFoto: dok. detikFood/ Yudha Maulana

Tita Indriaty, Pemilik Warung Rucita, mengatakan proses memasak Donat Susu Lembang ini masih manual dan tradisional. Adonan donat dari campuran tepung terigu, gula dan ragi difermentasi dan dijemur
selama satu jam agar mengembang.

"Kami coba berinovasi, sebelumnya kami gunakan susu bubuk, tapi ternyata setelah menggunakan susu murni, rasanya lebih enak," kata Tita kepada detikcom di Warung Rucita, Jalan Cijeruk No 49, Lembang,
Rabu (31/7/2019).
Di Lembang Ngopi Makin Asyik Ditemani Donat SusuFoto: dok. detikFood/ Yudha Maulana

Dalam sehari ia bisa membuat ratusan donat dari 5 kilogran adonan. Peminat Donat Susu Lembang ini, tak hanya dari warga sekitar, tapi juga wisatawan yang melintas ke Cijeruk.

Harga Donat Susu Lembang ini terbilang murah, per stau buah hanya dijual Rp 1.500. Tita juga biasa memasok donatnya untuk acara arisan dan syukuran.

"Kami juga jualan kwetiaw, minas (mie nasi), nasi goreng, ayam geprek sambal jingkrak yang segar karena memakai daun jeruk, harganya murah
Rp 10 ribu pe rporsi, tapi yang masak mantan chef bintang lima," katanya.
Di Lembang Ngopi Makin Asyik Ditemani Donat SusuFoto: dok. detikFood/ Yudha Maulana

Warung Rucita lokasinya dekat dengan gerai Tahu Tauhid 1 dan Hotel La Omma. Kedai ini berada di jalur alternatif menuju Punclut yang bisa diakses dari ujung kiri depan Pasar Panorama Lembang.

Baca Juga: Jalan-jalan Ke Bandung Malam Hari, Wajib Cicip 5 Kuliner Enak Ini

Simak Video "Di Kafe Ini, Donat Kampung Disulap Jadi Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)