Seputar Tepung Tapioka, dari Nama Lain sampai Kegunaannya

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 26 Jul 2019 18:05 WIB
Tepung tapioka yang jadi campuran pembuatan bakso hingga siomay. Foto: iStock
Jakarta - Tepung tapioka memiliki warna putih yang jika dilihat sama saja dengan jenis tepung lainnya. Berikut fakta yang bisa diketahui supaya kamu tahu perbedaan tepung tapioka dengan tepung lainnya.

Tepung tapioka merupakan tepung pati yang diekstrak dari umbi singkong. Tepung ini memiliki warna putih dengan tekstur yang agak kesat, lebih kasar dari tepung terigu.

Berbicara soal tepung, dalam proses pembuatan makanan ternyata ada banyak sekali jenis tepung. Mulai dari tepung terigu, tepung beras, dan tepung tapioka.

Tapung tapioka disebut juga sebagai tepung singkong atau tepung kanji.Tapung tapioka disebut juga sebagai tepung singkong atau tepung kanji. Foto: iStock

Kali ini detikFood akan merangkum beberapa fakta-fakta seputar tepung tapioka yang harus diketahui pemula:

1. Punya Nama Lain

Tepung tapioka yang dibuat dari singkong ini punya beberapa nama sebutan lain. Tepung tapioka sering disebut dengan tepung singkong atau tepung kanji.

2. Pengganti

Dari segi tekstur, tepung tapioka lebih lembut dari tepung terigu. Tepung tapioka terasa licin di tangan sehingga sulit dipegang dengan warna putih susu.

Secara umum, tepung tapioka digunakan sebagai pengental tumisan. Hal ini dikarenakan ciri khasnya yang bening dan mengental saat dipanaskan.

Tepung tapioka cocok digunakan sebagai pengganti tepung maizena. Kalau kamu ingin mengentalkan tumisan seperti capcay, bisa loh menggunakan sedikit tepung tapioka sebagai gantinya.


3. Manfaat

Tepung tapioka juga memiliki manfaat kesehatan. Tepung tapioka mengandung sangat sedikit protein dan tidak mengandung gluten. Oleh karena itu, tepung tapioka aman untuk dikonsumsi penderita celiac disease atau gluten intolerance.

4. Makanan Olahnnya

Tepung tapioka sering digunakan sebagai campuran pembuatan kerupuk, cireng, bakso, siomay dan kue-kue basah. Karena bersifat mengenyalkan, tepung tapioka membuat beberapa makanan ini agar lebih enak.

5. Jadi Bahan Dasar Boba

Boba yang jadi campuran dalam bubble tea ternyata dibuat dari tepung tapioka. Dalam proses pembuatan boba, tepung tapioka dicampur dengan air sampai tercampur rata. Kemudian ditambahkan dengan gula merah cair.

Selanjutnya adonan di aduk sampai kalis dan dibentuk bola-bola kecil kemudian direbus sampai matang kurang lebih 15 menit.








Simak Video "Bubble Tea Mana yang Enak Tekstur Bobanya? "
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)