Ini Tips Bikin Burger Juicy Enak dari Chef Daniel Boulud

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 25 Jul 2019 15:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Burger tak hanya bisa dinikmati di restoran. Anda bisa bikin burger sendiri di rumah dengan mengikuti 8 tips chef Daniel Boulud.

Kunci kenikmatan dari setangkup burger adalah pemilihan daging giling dan roti berkualitas. Chef Daniel Boulud, pemilik banyak restoran berbintang Michelin, memberi tips penting untuk Anda membuat burger sendiri di rumah. Chef berdarah Prancis ini mengungkap rahasianya pada BuzzFeed (25/7) seperti berikut.

1. Minta daging giling segar

Ini Tips Bikin Burger Juicy Enak dari Chef Daniel BouludFoto: iStock

Saat membeli daging giling, jangan memilih yang sudah dikemas atau ditaruh di rak supermarket. Minta tukang daging untuk menggilingi daging segar, sesuai pesanan Anda. Chef Boulud bahkan memilih giling daging sendiri di dapur restorannya agar kualitas daging lebih terjamin.

2. Rasio daging dan lemak
Rasio tepat antara daging dan lemak bisa mempengaruhi seberapa juicy patty burger. Kebanyakan orang memilih daging sirloin giling yang terdiri dari 90% daging tanpa lemak dan 10% daging berlemak. Bagian daging berlemak akan lebih mudah hancur saat diregangkan, sementara daging tanpa lemak membuat bentuk patty tetap utuh. Chef Boulud sendiri memilih 100% daging sapi dengan komposisi 85% daging tanpa lemak dan 15% daging berlemak.

3. Kreatif memilih isian burger

Ini Tips Bikin Burger Juicy Enak dari Chef Daniel BouludFoto: iStock

Tak melulu patty daging saja, Anda bisa berkreasi dengan isian burger lain. Chef Boulud bahkan tak ragu menambahkan short rib dan foie gras sebagai isian burger. Ia juga pernah membuat The Piggy Burger yang berisi daging pulled pork BBQ, buttermilk coleslaw, dan mayonnaise pedas. Intinya, apa pun bisa Anda jadikan isian burger selama Anda menyukainya.

Baca Juga: 6 Cara Ini Bisa Bikin Burger Jadi Santapan yang Lebih Sehat

4. Bekukan isian burger
Beberapa chef memilih bekukan isian burger. Biasanya mereka akan membalut patty atau isian burger lain dengan plastic wrap lalu memasukkannya dalam freezer. Lalu saat chef siap menyusun isian burger, mereka akan memotong patty beku sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Cara ini membuat patty lebih mudah dipotong dan memastikan tiap patty memiliki bentuk dan ukuran yang sama.

5. Pilih roti berkualitas

Ini Tips Bikin Burger Juicy Enak dari Chef Daniel BouludFoto: iStock

Saat patty burger sudah enak, penting menyandingkannya dengan roti burger yang berkualitas. Chef Boulud menjelaskan restorannya membuat sendiri Pain de Mie. Berupa brioche dengan gabungan pain au lait. Adonan roti lalu dicampur banyak butter dan telur serta dibubuhi keju parmesan. Roti kemudian dipanggang sebelum diisi patty burger dan sayuran.

Untuk burger rumahan, Anda bisa membeli roti brioche yang baru saja dipanggang. Atau beli roti khusus burger lain dengan kualitas yang sudah terjamin bagus.

6. Siapkan pelengkap
Yang juga penting adalah condiment atau bumbu dan saus pelengkap burger. Chef Boulud mengolesi mustard Dijon di tiap sisian roti. Ia juga menambahkan saus tomat homemade untuk memperkaya rasa.

7. Beri sensasi renyah

Ini Tips Bikin Burger Juicy Enak dari Chef Daniel BouludFoto: iStock

Ketika membicarakan burger enak, maka semuanya menyangkut soal tekstur. Harus ada bahan makanan yang sedikit renyah untuk memuaskan indera pengecap. Chef Boulud menggunakan bawang bombay merah dan selada frisee pada burger. Sensasi renyah kedua bahan ini dijamin bikin burger terasa makin nagih.

8. Masak di wajan besi
Patty burger memang bisa dipanggang tapi chef Boulud pilih memasak patty di atas wajan besi. Ia memanggang tiap sisian patty selama beberapa menit lalu memindahkannya ke oven bersuhu sekitar 176C.

Ia memasak tiap sisian patty selama 3 menit lalu mengistirahatkannya selama 5 menit sebelum disusun bersama roti dan isian burger lain. Hasilnya, patty burger akan terlihat berwarna sedikit pink dengan tekstur lembut di dalam dan renyah di luar.

Baca Juga: Lihat Burger 5 Tingkat, Burger Vegan hingga Burger Wagyu yang Bikin Ngiler!


Simak Video "Kangen Hainan Chicken Rice ala Singapura? Ke Sini Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)