Jangan Dibuang, Sisa Air dan Ampas Kopi Bisa Suburkan Tanaman

Riska Fitria - detikFood Kamis, 25 Jul 2019 07:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Selain bisa jadi penyemangat manusia untuk beraktivitas, kopi juga bisa suburkan tanaman. Karenanya sisa kopi jangan buru-biru dibuang.

Tanaman diketahui sangat membutuhkan nitrogen. Nitrogen tersebut dibutuhkan untuk pembentukan atau pertumbuhan bagian vegetatif tanaman, seperti daun, batang dan akar.

Dilansir dari House Beautiful (23/7) kopi merupakan sumber nitrogen yang besar. Beberapa jenis tanaman yang membutuhkan tanah yang lebih asam bisa memperoleh dari nitrogen tersebut. Seperti pada tanaman blueberry, azalea, rhododendron, mawar, violet dan masih banyak lagi.
Jangan Dibuang, Sisa Air dan Ampas Kopi Bisa  Suburkan TanamanFoto: iStock

Namun, jangan serta merta langsung menyiramkan kopi ke tanaman. Ada acara-cara tertentu yang harus dilakukan agar bisa dapat hasil yang maksimal. Daun tanaman tidak berubah warna menjadi kuning atau cokelat.

Baca Juga : Kata Ahli Hanya Membayangkan Kopi Bisa Bikin Pikiran Fokus

Pertama, kopi yang digunakan untuk menyiram tanaman harus berwarna hitam. Tetapi jangan tambahankan gula, susu atau pemanis lainnya. Cukup kopi saja yang diseduh seperti biasa. Kemudian siram ke tanaman dan lakukan dalam waktu seminggu sekali dengan jumlah yang sedikit.
Jangan Dibuang, Sisa Air dan Ampas Kopi Bisa  Suburkan TanamanFoto: iStock

Bukan hanya air kopinya saja yang bermanfaat untuk tanaman. Ampas kopi pun bisa dijadikan pupuk kompos sehingga tanaman bisa tumbuh lebih subur lagi. Selain itu manfaat dari ampas kopi juga bisa mencegah munculnya hama seperti siput, kucing dan kelinci yang akan merusak tanaman.

Jika Anda termasuk penggemar kafein, maka cara ini bisa sekaligus mengurangi limbah kopi yang dibuang tiap pagi.

Baca Juga : Selain Nikmat Minum Kopi Bisa Turunkan Risiko Obesitas




Tonton juga video Jangan Sepelekan Ampas Kopi!:

[Gambas:Video 20detik]

(raf/odi)