Tren Resto All You Can Eat

Biar Puas Makan Yakiniku di Resto All You Can Eat, Ikuti 5 Tips Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 24 Jul 2019 17:24 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Yakiniku atau Japanese BBQ jadi menu populer di resto All You Can Eat (AYCE). Agar maksimal menikmati yakiniku, perhatikan dulu 5 tips penting ini.

Jepang punya sajian daging panggang khas bernama yakiniku. Nama yakiniku bahkan memiliki arti sama dengan sajian itu sendiri, "daging panggang". Daging dinikmati dengan cara dipanggang sendiri lalu dicelup ke dalam saus gurih dan manis.

Di Indonesia, tak sulit menemukan restoran yakiniku. Rata-rata restoran menawarkan konsep AYCE atau bersantap sepuasnya. Supaya menikmati yakiniku lebih maksimal, sebelum berkunjung ke restoran yakiniku sebaiknya memperhatikan 5 tips penting berikut.

Baca Juga: Sama-sama Populer Sebagai Menu AYCE, Ini Beda BBQ Korea dan Jepang

1. Menu populer yakiniku
Biar Puas Makan Yakiniku di Resto All You Can Eat, Ikuti 5 Tips IniFoto: iStock
Sebenarnya beragam potongan daging bisa digunakan untuk yakiniku. Beberapa yang populer adalah lidah sapi, iga, dan daging sapi paha depan (chuck). Selain daging, restoran yakiniku akan menyajikan ragam sayuran untuk dipanggang. Ada bawang bombay, paprika hijau, kubis, hingga terung sebagai pelengkap.

Khusus untuk daging, biasanya wagyu jadi andalan. Daging ini merupakan jenis daging premium yang bisa berasal dari 4 jenis sapi di Jepang. Ada sapi hitam, cokelat, Shorthorn, dan polled. Wagyu lalu dibedakan berdasarkan sebaran lemak (marbling), warna, tekstur, dan kualitas lemaknya. Wagyu asli umum diklasifikasikan dalam tingkat 1 sampai 5 dengan yang terbaik adalah 5.

2. Jenis potongan daging
Biar Puas Makan Yakiniku di Resto All You Can Eat, Ikuti 5 Tips IniFoto: iStock
Terdapat banyak sekali jenis potongan daging yakiniku populer. Tiga jenis yang paling populer adalah karubi, misuji, dan harami. Karubi merupakan short rib tanpa tulang. Daging ini sangat empuk dan juicy. Karubi paling enak dipanggang dengan 80% tingkat kematangan di satu bagian, dan 20% di bagian lainnya.
Sementara misuji adalah brisket atau daging sandung lamur. Misuji tergolong jenis potongan daging yang langka karena jumlahnya tak banyak. Tak heran, misuji biasanya dijual lebih mahal.

Harami juga bisa jadi pilihan. Daging ini merupakan skirt steak yang rasanya lebih kuat dibanding potongan daging lain. Biasanya harami disajikan dengan rendaman bumbu miso atau kecap asin. Harami perlu dimasak lebih lama hingga matang di luar, namun lembut di dalam.

3. Meracik saus
Biar Puas Makan Yakiniku di Resto All You Can Eat, Ikuti 5 Tips IniFoto: iStock
Saus berperan penting dalam menentukan kelezatan yakiniku. Jenis saus yang paling populer adalah tare. Racikannya bisa berbeda antar restoran. Namun umumnya tare diracik dari gula, bawang putih, sake, dan lainnya. Tersedia dalam versi manis dan pedas.

Selain tare, ada juga shio dare yang diracik dari garam dan minyak wijen. Tersedia juga soy sauce yang meski sederhana selalu jadi favorit. Soy sauce bisa dipadukan dengan wasabi, paprika merah, jahe, dan lainnya. Kalau mau yang sederhana, cobalah shio atau garam.

Saus bisa diracik pertama kali sebelum Anda memanggang daging. Penggunaannya menyesuaikan selera. Ada yang hanya mengandalkan satu jenis saus, tapi ada pula yang meracik beberapa saus sekaligus.

4. Memanggang daging dan sayuran
Biar Puas Makan Yakiniku di Resto All You Can Eat, Ikuti 5 Tips IniFoto: iStock
Untuk memastikan daging panggang enak, pastikan panggangan sudah panas. Dengan penjepit, letakkan lembaran daging di atas panggangan. Pastikan tidak terlalu sering membolak-balikkan daging agar tidak kering dan kurang enak nantinya. Kisaran waktu untuk memanggang satu sisi daging sekitar 15-25 detik.

Yang perlu diperhatikan juga adalah tidak memanggang daging dalam jumlah banyak sekaligus. Ini agar panggangan tidak sesak dan daging bisa matang sempurna.

Untuk sayuran, panggang jenis sayuran yang tebal dulu seperti labu, kentang, atau wortel. Baru diikuti sayuran yang lebih tipis seperti kubis atau paprika. Sebaiknya sayuran dipanggang pertama kali sebelum daging.

5. Menikmati daging
Biar Puas Makan Yakiniku di Resto All You Can Eat, Ikuti 5 Tips IniFoto: iStock
Sambil menunggu daging dan sayuran selesai dipanggang, Anda bisa menikmati pelengkap yakiniku. Salah satu pelengkap paling populer adalah sup miso yang bisa menghangatkan perut.

Ketika sudah matang, angkat daging dan sayuran dari panggangan menggunakan sumpit. Hindari memakai sumpit yang sama dengan sumpit untuk makan agar tak terjadi kontaminasi.

Selanjutnya celupkan daging dalam saus racikan Anda. Rekomendasinya ialah mencelup hanya sekitar 30% bagian daging ke dalam saus agar rasa saus nantinya tidak mengganggu rasa asli daging.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Shabu-shabu dan Daging BBQ Murah Untuk Buka Puasa



Simak Video "Bikin Laper: Makan Yakiniku Enak di Resto Bernuansa Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com