Tren Resto All You Can Eat

Buat Pemula! Sebelum Makan AYCE Korea BBQ, Simak Dulu Tips Ini

Devi Setya - detikFood Rabu, 24 Jul 2019 11:00 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Belakangan ini banyak kedai Korea bbq yang menawarkan konsep makan AYCE dengan harga murah meriah. Jangan langsung tergoda, kantongi triknya agar bisa makan kenyang dan puas tanpa menguras kantung.

Resto Korea bbq tengah jadi tren kuliner populer di kota besar seperti Jakarta. Apalagi konsep resto all you can eat ini punya harga yang ramah di kantong. Dengan Rp 99 ribu bisa puas makan daging panggang berlumur saus Korea yang mantap.

Nah, bagi yang belum pernah makan di resto Korea bbq berkonsep AYCE ada tips yang harus diketahui. Kenali makanan yang disajikan, cara memanggang hingga cara menyantapnya.

1. Alat panggang
Buat Pemula! Sebelum Makan AYCE Korea BBQ, Simak Dulu Tips IniFoto: istimewa

Restoran Korean bbq punya beberapa versi alat panggang. Ada yang menggunakan panggangan klasik dengan bahan bakar arang, ada yg menggunakan kompor tanam di meja dan ada yang menggunakan kompor portable.

Kebanyakan restoran mengandalkan kompor portable karena lebih praktis dan efisien. Restoran juga menyediakan wajan panggangan untuk memanggang daging. Biasanya pelayan akan menjelaskan cara penggunaan kompor ini, kenali fungsi dan cara penggunaannya sebelum mulai memanggang.

Baca juga : Begini Caranya Menikmati Daging BBQ Khas Korea!

2. Pilihan daging
Di restoran Korea bbq biasanya menyajikan berbagai pilihan daging seperti daging sapi, ayam dan daging babi. Jenis daging ini juga bisa dipilih untuk varian original dan marinated alias daging yang sudah diberi aneka saus dan bumbu.

Untuk jenis daging marinated, biasanya tersaji pilihan bumbu khas Korea terutama bulgogi. Pilihan dagingnya juga beragam ada sirloin, tenderloin, iga dan lain sebagainya. Biasanya daging ini hadir dalam irisan tipis dengan guyuran saus marinasi.

3. Memanggang daging
Buat Pemula! Sebelum Makan AYCE Korea BBQ, Simak Dulu Tips IniFoto: Istimewa

Ada beberapa restoran yang membantu melayani proses pemanggangan namun ada juga yang hanya mencontohkan. Di kebanyakan restoran Korea bbq, pengunjung biasanya dipersilahkan untuk memanggang sendiri.

Proses memanggang ini tidaklah sulit, Anda bisa langsung meletakkan daging di atas panggangan yang sudah panas. Masak dengan api kecil hingga daging matang sempurna. Hindari menggunakan api besar karena akan membuat daging cepat gosong serta menimbulkan asap yang membumbung.

4. Cara menyantapnya
Buat Pemula! Sebelum Makan AYCE Korea BBQ, Simak Dulu Tips IniFoto: istimewa

Setelah daging matang tak boleh langsung disantap. Tradisi orang Korea menyantap daging panggang dengan membuat ssam. Cara makannya yakni ambil selembar daun selada lalu isi dengan daging, bawang putih, daun bawang, irisan cabai dan saus ssamjang. Bungkus daun selada lalu santap dalam sekali suap.

Di restoran Korea bbq selalu disajikan pelengkap ssam. Cara makan seperti inilah yang membedakan antara bbq ala Korea dan bbq ala Jepang. Tapi tak ada salahnya juga menyantap daging panggang dengan nasi.

5. Disajikan dengan banyak lauk pendamping
Buat Pemula! Sebelum Makan AYCE Korea BBQ, Simak Dulu Tips IniFoto: istimewa

Keunikan lain dari bbq khas Korea adalah menu pendamping yang beragam, menu ini dikenal dengan sebutan banchan. Jangan heran kalau datang ke restoran Korea lantas disajikan aneka makanan yang tak dipesan. Ini memang kondimen khas yang selalu disajikan di restoran Korea, termasuk di resto bbq.

Setiap restoran memiliki menu banchan yang berbeda diantaranya ada kimchi sawi, oi sobagi yakni kimchi timun, myulchi bokkeum yakni ikan teri yang diolah dengan madu hingga namul yakni sayuran tumis.

Menu pendamping ini bisa jadi camilan sambil menunggu makanan utama datang. Nah, kalau sudah tahu aturan makan di resto Korea bbq jadi bisa makin puas menyantapnya.

Baca juga : Sama-sama Populer Sebagai Menu AYCE, Ini Beda BBQ Korea dan Jepang



Simak Video "Puas Makan 'All You Can Eat' Wagyu Asli yang Gurih Menggoda"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)