Suhu di Nebraska Terlalu Panas, Orang-orang Panggang Kue Dalam Mobil

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 23 Jul 2019 15:30 WIB
Foto: Twitter @NWSOmaha Foto: Twitter @NWSOmaha
Jakarta - Perubahan iklim yang ekstrem membuat banyak wilayah mengalami musim panas yang ekstrem dengan suhu tinggi. Cuaca panas ini bahkan bisa membuat kue jadi matang.

Salah satu wilayah di Amerika Serikat, tepatnya di Nebraska, baru saja viral di media sosial karena cuaca ekstrem yang ada di sana. Unggahan foto dari National Weather Service (NWS) di sana, menggambarkan panasnya udara di sana.

Baca Juga: Saking Panasnya Suhu di Jepang, Orang-orang Memasak di Atap Mobil
Suhu di Nebraska Terlalu Panas, Orang-orang Panggang Kue Dalam MobilFoto: Twitter @NWSOmaha

Dalam foto itu terlihat baki oven berisi beberapa adonan kue, yang ditelakan di dalam mobil yang terkena paparan sinar matahari. Lengkap dengan thermometer untuk menguruk tingginya suhu udara di sana.

"Jika kalian bertanya-tanya apakah hari ini akan panas, kita mencoba untuk memanggang biskuit hanya menggunakan sinar matahari dan mobil yang diparkir. Kami akan mengabarkan proses pemanganggannya," tulis akun Twitter @NWSOmaha (18/07).

Meski membutuhkan waktu yang lama untuk memanggang kue ini. Pihak NWS Omaha mengabarkan bahwa mereka sempat beberapa kali merubah posisi baki oven, agar semua bagian biskuit terpapar sinar matahari. Meski bagian bawahnya masih mentah, tapi suhu di dalam mobil itu mencapai 62°C.
Suhu di Nebraska Terlalu Panas, Orang-orang Panggang Kue Dalam MobilFoto: Twitter @NWSOmaha

"Permukaan warna biskuit ini mulai berubah menjadi sedikit kecokelatan," tulis pihak NWS Omaha.

Menurut mereka dibutuhkan waktu sekitar lebih dari delapan jam agar biksuit ini bisa di makan. Mereka juga menjelaskan, bahwa jika terpapar cahaya matahari dalam waktu berjam-jam, dapat memberikan efek buruk untuk tubuh.

Lewat eksperimen ini, pihak National Weather Service mengatakan bahwa agar orang-orang lebih berhati-hati untuk melakukan aktivitas di siang hari.
Suhu di Nebraska Terlalu Panas, Orang-orang Panggang Kue Dalam MobilFoto: Twitter @NWSOmaha
"Hal ini (memanggang kue di mobil) bisa menjadi pengingat untuk semua orang, bahwa mobil Anda bisa menjadi sangat panas. Lihat kembali sebelum mengunci mobil. Rata-rata ada 38 anak yang tewas karena terjebak dalam mobil bersuhu panas setiap tahunnya," pungkas mereka.

Banyak netizen yang memuji eksperimen NWS ini, dan banyak juga yang meniru untuk memanggang kue di dalam mobil.

"Sedang memanggang cookies! Sudah memanggangnya dalam mobil beberapa kali pada musim panas lalu di Lubbock Texas, suhunya mencapai 43°C. Lalu mobil Anda akan menjadi wangi," tulis netizen lainnya, sambil mengunggah foto mereka memanggang cookies di mobil.

Baca Juga: Cuaca Terik, Pria Ini Masak Steak di Mobil Pakai Bantuan Sinar Matahari



Simak Video "Empuk Juicy Sate Kambing Khas Bogor ala Bang War"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)