Selain Nikmat Minum Kopi Bisa Turunkan Risiko Obesitas

Devi Setya - detikFood Minggu, 21 Jul 2019 06:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Selain nikmat, kopi juga kaya manfaat. Para peneliti mengungkap beberapa manfaat, salah satunya yakni menurunkan risiko obesitas.

Dikabarkan Food Beast (19/7) para peneliti di Inggris baru saja mengumumkan hasil penelitian terbaru terkait kopi. Menikmati secangkir kopi ternyata bisa menstimulasi endapan lemak dalam tubuh.

Sekelompok peneliti dari University of Nottingham, Inggris mengatakan, berdasarkan penelitian yang dilakukan, satu cangkir kopi sehari dapat membuat tubuh secara alami melawan obesitas.
Selain Nikmat Minum Kopi Bisa Turunkan Risiko Obesitas Foto: iStock

Baca juga : Kopi Panas Atau Kopi Dingin? Keduanya Punya Khasiat Sehat

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports ini melibatkan beberapa orang untuk mendukung jalannya percobaan. Penelitian pertama dilakukan pada orang dewasa tentang kandungan brown fat atau lemak coklat yang mengendap dalam tubuh.

Berbeda dengan lemak putih yang berperan menyimpan kalori berlebih, lemak coklat dalam tubuh mempengaruhi seberapa cepat tubuh membakar kalori dan menyerapnya jadi energi. Lemak cokelat terbentuk secara alami dalam tubuh manusia dan beberapa jenis mamalia.

Menurut para ilmuwan Inggris, orang-orang dengan Indeks Massa Tubuh rendah dipengaruhi oleh persentase lemak cokelat yang terlalu banyak mengendap dalam tubuh. Semakin banyak kadar lemak coklat maka semakin lambat proses penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Profesor Michael Symonds, dari School of Medicine di University of Nottingham yang turut memimpin penelitian ini, mengatakan: "Lemak cokelat bekerja dengan cara yang berbeda dengan lemak biasa. Lemak ini menghasilkan panas dan membakar gula serta lemak yang mengendap dalam tubuh. Meningkatnya aktivitas lemak cokelat yang dipengaruhi kopi akan meningkatkan kontrol gula darah serta kadar lemak darah," kata Profesor Symonds.

Lebih lanjut, pria ini juga menjelaskan jika lemak membakar kalori dengan efisien maka akan berpengaruh juga pada menurunnya berat badan. Aktivitas ini bisa dimaksimalkan dengan konsumsi segelas kopi setiap harinya.
Selain Nikmat Minum Kopi Bisa Turunkan Risiko Obesitas Foto: iStock

Baca juga : Hasil Penelitian Ungkap Jika Yogurt Bisa Jadi Pemicu Obesitas

"Ini adalah studi pertama pada manusia untuk menunjukkan bahwa secangkir kopi dapat memiliki efek langsung pada fungsi lemak cokelat dalam tubuh. Implikasi potensial dari penelitian kami cukup besar, karena obesitas adalah masalah kesehatan utama bagi masyarakat," pungkas Profesor Symonds.

Penelitian ini tidak mengungkap jenis kopi apa yang paling efektif mengusir lemak cokelat. Tetapi dari hasil pembahasan, tampaknya semua jenis kopi bisa membantu melunturkan lemak dengan catatan kopi diminum tanpa banyak bahan tambahan. Seperti gula, krimer atau susu. (dvs/odi)