Unik! Kopi yang Bukan dari Biji Kopi Ini Tak Punya Rasa Pahit

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 20 Jul 2019 06:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kopi identik dengan rasa pahit, tapi kopi yang dibuat tanpa biji ini tak memiliki rasa pahit. Tentu pas bagi mereka yang menggemari kopi nonpahit.

Kebanyakan pencinta kopi menggunakan gula, susu, atau krim untuk mengurangi sedikit rasa pahit pada kopi. Tapi sebuah perusahaan di Seattle, Amerika Serikat menemukan solusi dimana kopi mereka tak memiliki karakter rasa pahit.

Perusahaan bernama Atomo itu didirikan peneliti makanan Jarret Stopforth dan pengusaha Andy Kleitsch. Keduanya ingin menciptakan rasa kopi yang maksimal namun tanpa rasa pahit. Mereka lalu menghabiskan waktu 4 bulan bereksperimen menemukan ramuan yang tepat.

Unik! Kopi yang Bukan dari Biji Kopi Ini Tak Punya Karakter Rasa PahitFoto: Istimewa

Baca Juga: Meski Bukan dari Biji Kopi, Kopi Mangrove hingga Kopi Biji Salak Juga Enak

Eksperimen itu dilakukan di sebuah garasi yang disulap jadi laboratorium. Stopforth dan Kleitsch meneliti biji kopi yang masih hijau, yang sudah dipanggang, dan kopi yang telah diseduh melalui kromatografi gas dan cairan. Tujuannya mengidentifikasi lebih dari 1.000 komponen dalam kopi, hingga tingkat molekul.

Setelah menganalisis semua senyawa penting yang memberikan aroma dan rasa alami pada kopi, mereka dapat merancang versi mereka sendiri yaitu kopi tanpa senyawa yang menimbulkan rasa pahit.

"Kami melihat semua senyawa dalam kopi pada tingkat molekuler - body, rasa, aroma, warna - pada lebih dari 1.000 senyawa dalam biji kopi yang sudah dipanggang," tulis Atomo dalam keterangan resminya seperti dikutip dari Oddity Central (18/7). Mereka lalu mengambil senyawa penting yang berperan pada penciptaan aroma dan rasa kopi untuk didesain sendiri.

Unik! Kopi yang Bukan dari Biji Kopi Ini Tak Punya Karakter Rasa PahitFoto: Istimewa

Kopi buatan Atomo unik karena tidak berasal dari biji kopi. Mereka membuat kopi dari berbagai bahan nabati alami yang sifatnya berkelanjutan. Meski begitu, Atomo masih bisa memasarkan produknya sebagai kopi karena Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat tidak memiliki definisi resmi untuk identitas standar kopi.

Atomo pun percaya diri memasarkan produknya dengan klaim "beanless". "Kami akan sangat jelas mengatakan kopi kami tak berasal dari biji. Faktanya, kami akan sangat bangga mengatakannya, dan akan ada kejujuran dalam pelabelan sehingga kami tidak menipu konsumen. Tetapi karena tidak ada definisi peraturan resmi, kami masih bisa menyebutnya kopi," tutur Stopforth.

Baca Juga: Mengenal 5 Biji Kopi Terbaik di Indonesia Dari Berbagai Wilayah

Unik! Kopi yang Bukan dari Biji Kopi Ini Tak Punya Karakter Rasa PahitFoto: iStock

Kopi buatan Atomo menjadi sorotan karena menawarkan alternatif pertanian kopi ramah lingkungan. Sebab International Center for Tropical Agriculture melaporkan ke depannya lahan untuk menanam kopi akan menurun hingga 50% di seluruh dunia dalam 3 dekade mendatang. Metode pembuatan kopi Atomo diharapkan bisa jadi solusi karena tak memerlukan lahan untuk menanam biji kopi.

Di sisi lain, belum ada yang tahu seperti apa pasar akan menerima kopi tanpa biji dari Atomo. Faktaya perusahaan sejauh ini menolak beri tahu bahan-bahan apa saja yang mereka pakai di kopi molekulernya. Mereka hanya baru mengungkap pemakaian senyawa seperti antioksidan, flavonoid, dan asam kopi, dengan tambahan kafein.

Kopi Atomo rencananya dijual sebagai bubuk yang bisa diseduh seperti kopi biasa. Warna dan aromanya mirip kopi pada umumnya. Rencananya Atomo akan mulai dipasarkan secara serius tahun 2020, setelah menggalang dana di situs Kickstarter.

(adr/odi)