Jual Bir Korut Online dengan Harga Mahal, Remaja Ini Dicari Polisi

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 17 Jul 2019 15:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Niat hati ingin mengambil untung besar, dengan menjual bir yang dibelinya dengan harga mahal. Remaja ini justru terkena masalah hukum yang cukup serius.

Pencarian polisi terhadap seorang remaja berusia 19 tahun asal Jepang, menarik perhatian banyak orang. Karena remaja ini dituduh membawa bir asal Korea Utara secara ilegal, untuk dijual di Jepang.

Baca Juga: Meski Ilegal, Di China Kini Sedang Marak Praktek Jual Beli ASI
Jual Bir Korut  Online dengan Harga Mahal, Remaja Ini Dicari PolisiFoto: Istimewa
Surat pencarian ini dikirim langsung dari kantor polisi Fukuoka dan Toyama yang ada di Jepang. Menurut hukum yang berlaku, remaja ini sudah melanggar hukum dagang internasional yang diterapkan Jepang.

Ditelusuri lebih lanjut remaja pria yang identitasnya tidak disebutkan ini, pergi ke Shanghai pada akhir tahun lalu dan membeli minuman bir 'Taedonggang'. Bir ini merupakan minuman beralkohol asal Korea Utara, dengan stok bir yang terbatas di China.

Akhirnya remaja ini membeli bir itu dengan harga ¥300 atau sekitar (Rp 41.900), kemudian menjualnya kembali di internet dengan harga ¥16,000 (Rp 2.068.892). Tentu saja tanpa izin dari kementerian perdagangan Jepang.
Jual Bir Korut  Online dengan Harga Mahal, Remaja Ini Dicari PolisiFoto: Istimewa

Aksinya ini berhasil dipantau oleh polisi siber. Setelah diamankan, remaja ini mengaku bahwa dia memang berulang kali menjual makanan dan minuman dari Korea Utara lewat online.

"Mengapa saya melakukan hal ini. Karena saya pikir bir dari Korea Utara, bisa dijual dengan harga tinggi," jelas remaja tersebut. Belum jelas hukuman atau denda yang akan dijatuhkan pada remaja ini.

Sejak tahun 2009 lalu, pemerintah Jepang sudah menghentikan pasokan ekspor atau impor barang-barang dari Korea Utara. Sebagai bentuk penolakan dari tes nuklir yang terus dilakukan Korea Utara. Sehingga memasukkan barang-barang dari Korea Utara ke Jepang, merupakan tindakan yang melanggar hukum.
Jual Bir Korut  Online dengan Harga Mahal, Remaja Ini Dicari PolisiFoto: Istimewa

Hal yang seperti ini bukan pertama kalinya terjadi. Sebelumnya seorang wanita asal California, sempat melalui proses hukum setelah menjual makanan lewat Facebook yang dinilai ilegal.

Baca Juga: Jual Makanan Online di Facebook, Wanita Ini Terancam Dipenjara (sob/odi)