Resep Spaghetti Bola-bola Daging Enak Buat Bekal Sekolah

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 17 Jul 2019 14:13 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Spaghetti bisa jadi alternatif pengganti nasi. Kalau diberi saus bola-bola daging anak-anak pasti melahapnya. Apalagi ditambah keju parut. Nyam!

Isi bekal sekolah harus dibuat bervariasi agar anak tak bosan menyantapnya. Selain nasi banyak sumber karbohidrat lain yang bisa dimanfaatkan. Seperti mie, aneka pasta, kentang, ubi atau roti.

Spaghetti merupakan salah satu makanan populer yang disukai anak-anak dan mengandung karbohidtat baik sebagai sumber energi. Anda bisa mengolah dengan beragam saus. Salah satu yang disukai anak-anak adalah saus bola-bola daging.

Saus bola-bola daging bisa disiapkan sekaligus banyak dan disimpan dalam kulkas. Anda tingga menambahkan pasta sesuai yang disukai anak. Untuk membuatnya juga tidak sulit, coba saja simak beberapa tahapannya ini.


Resep Spaghetti Bola-bola Daging Enak Buat Bekal SekolahFoto: iStock


1. Bola daging

Siapkan 500 gram daging cincang. Pilihlah daging sapi cincang dengan sedikit lemak. Lebih baik lagi jika bisa mencincang sendiri. Sedikit lemak diperlukan untuk membuat bola daging tetap lembut juicy. Untuk bahan pelangkap dan bumbunya, siapkan 1 butir telur ayam, 2 sdm tepung panir putih, 1/2 sdt merica bubuk, 1/2 sdt pala bubuk dan 2 sdt garam.

Aduk semua bahan hingga benar-benar rata. lalu bentuk menjadi bola-bola seukuran bakso atau seukuran sekali suap anak. Kukus atau goreng bola-bola daging dengan sedikit minyak hingga kecokelatan. Sisihkan.

Resep Spaghetti Bola-bola Daging Enak Buat Bekal SekolahFoto: iStock


2. Saus tomat

Untuk sausnya, siapkan 500 g tomat masak yang merah, parut atau haluskan dengan blender. Panaskankan 2 sdm minyak sayur, masukkan 2 siung bawang putih yang dicincang, 2 sdm bawnag bombay cincang hingga layu.

Selanjutnya masukkan tomat halus, 1 sdm tomat pasta, 1/2 sdt merica hitam bubuk, 1 sdt oregano bubuk, 1 sdt daun basil cincang, 1/2 sdt merica bubuk, 2 sdt garam dan 1 sdt gula pasir. Masak hingga mencidih.

Resep Spaghetti Bola-bola Daging Enak Buat Bekal SekolahFoto: iStock


3. Masak bola daging dan saus

Masukkan bola-bola daging dalam saus tomat lalu masak dengan api kecil hingga mendidih dan meresap. Angkat dari api. Jika akan disimpan, dinginkan saus dan bola daging terpisah. Saat akan disajikan, panaskan saus bersama dengan bola-bola daging.

Resep Spaghetti Bola-bola Daging Enak Buat Bekal SekolahFoto: iStock


4. Rebus spaghetti

Didihkan air banyak dalam panci, masukkan spaghetti. Masak selama 5-10 menit (tergantung banyaknya spaghetti) hingga spaghetti lunak. Angkat dan tiriskan. Sebaiknya rebus spaghetti sesaat akan disajikan dengan sausnya. Selain spaghetti bisa diganti fettucine atau pasta jenis lainnya.

Resep Spaghetti Bola-bola Daging Enak Buat Bekal SekolahFoto: iStock


5. Penyajian

Taruh spaghetti dalam piring saji atau kotak makan. Siram dengan saus berikut bola-bola dagingnya. Taburi keju parut. Saus dan spaghetti bisa ditaruh dalam wadah terpisah. (odi/odi)