Resep Chicken Karaage Renyah Untuk Bekal Sekolah

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 15 Jul 2019 11:00 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Ayam goreng tepung selalu disukai anak-anak. Untuk membuat karaage, ayam goreng tepung Jepang ini caranya juga mudah.

Karaage atau potongan ayam goreng tepung jadi menu restoran Jepang populer. Anak-anak selalu suka menikmati ayam goreng ini. Dicocol dengan saus tomat atau mayonnaise rasanya makin enak. Anda juga bisa bikin sendiri, bahkan lebih enak dari bikinan resto Jepang. Bisa dimakan saat sarapan atau bekal sekolah anak. Pasti mereka melahapnya sampai habis.

Untuk membuat karaage ini, gunakan daging paha ayam bagian atas yang sudah dibuang tulangnya. Anda bisa membeli yang sudah siap pakai di pasar swalayan. Atau mintalah tukang ayam untuk membuang tulangnya. Bagian ayam ini berlemak sehingga rasanya lebih gurih renyah.


Resep Chicken Karaage Renyah Untuk Bekal SekolahFoto: Instagram


1. Daging paha ayam bagian atas

Jika tak suka, kulit ayam bisa dibuang. Siapkan 500 gram daging paha ayam bagian atas tanpa tulang. Cuci bersih lalu tiriskan dan potong-potong menjadi 2 atau 3 bagian.

Resep Chicken Karaage Renyah Untuk Bekal SekolahFoto: Instagram


2. Bumbu perendam

Untuk mendapatkan rasa gurih dan sedikit manis di bagian dagingnya, siapkan bumbu perendamnya. Aduk jadi satu, 250 ml soya sauce atau shoyu, 2 sdm apel merah yang diparut halus, 1 sdm bawang bombay yang dicincang halus atau diparut, 2 siung bawang putih parut dan 1 sdt merica bubuk.

3. Rendam ayam dalam bumbu

Masukkan potongan ayam ke dalam bumbu perendam. Taruh dalam wadah bertutup dan simpan dalam lemari es selama 2 jam. Makin lama disimpan akan makin meresap bumbunya.

Resep Chicken Karaage Renyah Untuk Bekal SekolahFoto: Instagram


3. Lapisi tepung

Untuk melapisi karaage, siapkan 200 g tepung bumbu dan 500 ml air es. Celupkan tiap potongan ayam berbumbu ke dalam air es lalu gulingkan dalam tepung bumbu. Tekan-tekan atau pijat-pijat agar seluruh bagian ayam terlapisi rata dengan tepung. Pada tahap ini, Anda bisa menyusun ayam berlapis tepung dalam wadah bertutup rapat. Simpan dalam kulkas, saat akan dimakan bisa langsung digoreng.

Resep Chicken Karaage Renyah Untuk Bekal SekolahFoto: Instagram


4. Goreng kering

Panaskan minyak banyak dalam panci atau wajan yang dalam di atas api sedang. Goreng karaage hingga seluruh bagiannya kuning keemasan dan kering. Angkat dan tiriskan. Karaage siap disajikan hangat dengan mayonnaise atau saus tomat. Jika akan dikemas dalam kotak makan, diamkan beberapa saat hingga agak dingin.

(odi/odi)