Jalan-jalan di Kyoto Bisa Jajan Burung Pipit Goreng yang Gurih

Devi Setya - detikFood Jumat, 12 Jul 2019 12:30 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Kyoto jadi salah satu kawasan kuliner yang cukup terkenal di Jepang. Di sini juga bisa jajan burung pipit goreng yang siap jadi camilan unik.

Kawasan Kyoto memang menyajikan aneka makanan terbaik di Jepang. Hidangan khas seperti sushi, hot pot tahu dan berbagai makanan lain bisa dengan mudah ditemui di kawasan ini.

Tapi kalau bosan dengan makanan biasa, cobalah mampir untuk mencicipi burung pipit goreng yang unik sekaligus agak ekstrem. Dilansir dari Soranews (12/7) burung pipit goreng memang jadi santapan umum masyarakat di Kyoto.
Jalan-jalan di Kyoto Bisa Jajan Burung Pipit Goreng yang Gurih Foto: istimewa

Baca juga : Bosan dengan Daging Ayam? Yuk, Coba Burung Puyuh Goreng!

Salah satu kawasan yang juga menjual burung pipit yakni di kota Fushimi, di sini burung pipit memiliki filosofi tersendiri. Seorang pedagang menjelaskan, menjual burung pipit di kota Fushimi yang terdapat kuil Fushimi Inari sebagai kuil Dewa Beras Shinto.

Seperti umumnya burung pipit yang doyan makan padi, di kawasan ini burung ini juga memakan benih padi. Inilah yang membuat orang banyak mengolah burung pipit sebagai santapan karena dianggap hama.
Jalan-jalan di Kyoto Bisa Jajan Burung Pipit Goreng yang Gurih Foto: istimewa

Di Kyoto penjual burung pipit menyajikannya dengan cara ditusuk seperti sate. Dalam satu tusuk berisi dua hingga tiga ekor burung kecil.

Melihat penampakannya pastilah hanya orang yang bernyali besar yang sanggup melahapnya. Burung pipit yang mungil ini diolah dengan tambahan saus kedelai manis. Daging burung ini tidak banyak, teksturnya renyah mirip keripik.

Setusuk sate burung pipit ini harganya 450 Yen (Rp 58 ribu). Harganya memang cukup tinggi jika dibandingkan dengan yakitori daging ayam biasa. Tetapi kalau penasaran dengan rasanya, patut dicoba jika jalan-jalan ke Kyoto.

Baca juga : Burung Goreng Lezat dari Pematang Siantar

Simak Video "Kenikmatan Hakiki! Makan Es Krim Sambil Selfie di Museum"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)