Ragam Olahan Nasi

Nasi No Mi Fan hingga Watan Oyok Khas China yang Enaknya Nagih

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 10 Jul 2019 18:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Ragam Olahan Nasi
Jakarta - Sebagai negara pertama yang mengonsumsi beras, China punya ratusan olahan nasi. Di antaranya ada beberapa olahan nasi yang populer sejak dulu.

Mirip seperti di Indonesia, nasi juga masuk ke dalam makanan pokok di China. Beragam olahan nasi yang menggabungkan sayuran, daging ayam, sapi, dan bumbu asal China jadi hidangan menarik yang wajib untuk dicoba.

Baca Juga: Jianbing, Martabak Khas China yang Gurih Padat Isian


1. Hainan Chicken Rice
Nasi No Mi Fan hingga Watan Oyok Khas China yang Enaknya NagihFoto: Istimewa

Kalau hidangan nasi yang satu ini sudah mendunia, dan populer di berbagai negara Asia, khususnya wilayah Asia Tenggara. Salah satunya di Malaysia, Singapura, hingga Indonesia.

Makanan ini berasal dari Hainan, yang ada di wilayah selatan China. Hidangannya berisi nasi yang sudah dibumbui, dengan ayam rebus yang dimasak dengan rempah, disajikan dengan kuah kaldu rebusan ayam. Rasanya enak, gurih, dan hangat.


2. Yangzhou Fried Rice

Nasi No Mi Fan hingga Watan Oyok Khas China yang Enaknya NagihFoto: Istimewa

China punya banyak olahan nasi goreng yang enak dan unik. Tapi salah satu olahan nasi goreng yang paling populer dan mendunia, ada Yangzhou Fried Rice atau Yeung Chow.

Nasi goreng ini berasal dari kota Yangzhou, di Provinsi Jiangsu. Bahan-bahan yang digunakan cukup sederhana, seperti campuran telur, sayuran, nasi, dan potongan daging sapi, ayam, atau babi agar rasanya semakin enak. Nasi goreng ini terkenal tidak menggunakan tambahan kecap.


3. Chai Fan

Nasi No Mi Fan hingga Watan Oyok Khas China yang Enaknya NagihFoto: Istimewa

Sering disebut sebagai makanan murah, sebenarnya hidangan yang satu ini populer di Shanghai dan beberapa wilayah China, Malaysia, serta Singapura. Makanan ini berisi nasi dengan tumisan sayuran, porsinya cukup banyak dan harganya murah. Sehingga banyak orang membelinya.

Kebanyakan sayuran tumis yang digunakan untuk chai fan ada bok choy, wortel, brokoli, hingga jamur. Makanan pelengkap lainnya ada tofu, telur goreng, hingga potongan ayam.


4. Watan Oyok

Nasi No Mi Fan hingga Watan Oyok Khas China yang Enaknya NagihFoto: Istimewa

Hidangan watan oyok identik dengan masakan khas Kanton. Tampilannya sederhana, tapi untuk masalah rasa, sudah tak perlu diragukan lagi. Mulai dari masakan rumah, hingga jadi menu di restoran, watan oyok selalu digemari banyak orang.

Watan oyok ini sebenarnya mirip dengan rice bowl, sama-sama menggunakan nasi, yang di atasnya disajikan daging sapi cincang tumis, dan tambahan kuning telur yang lumer di mulut.


5. No Mi Fan

Nasi No Mi Fan hingga Watan Oyok Khas China yang Enaknya NagihFoto: Istimewa
Hidangan ini menggunakan beras ketan untuk pembuatannya. Tapi beras ketan tidak diolah menjadi makanan manis, melainkan jadi olahan nasi dengan tumisan sayur dan daging yang lengket namun gurih.

Hidangan ini banyak disajikan sebagai menu makan siang, hingga makan malam. Banyak juga yang menyajikan no mi fan saat acara dan perayaan spesial. No mi fan ini terkenal sebagai hidangan nasi yang legit dan gurih.

Baca Juga: 10 Makanan Lezat Super Pedas dari China yang Wajib Dicicipi




Simak Video "Variasi Nasi Ceplok dan Dadar Kuah Spesial ala Nasi Mamak"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Ragam Olahan Nasi