Kafe Ini Beri Es Krim Gratis Bagi Anak yang Kumpulkan Puntung Rokok

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 10 Jul 2019 10:30 WIB
Foto: Facebook SCMP
Jakarta - Kedai kopi ini berikan es krim gratis bagi anak-anak yang berhasil mengumpulkan sampah puntung rokok di jalan. Mereka hanya perlu mengumpulkan sebanyak 20 puntung rokok.

Kisah inspiratif datang dari seorang pemilik kedai kopi di Shaanxi, China. Ia sengaja menetapkan sebuah promo menarik yang bisa diikuti oleh seluruh anak-anak di sekitar kedai kopi.

Kafe Ini Beri Es Krim Gratis Bagi Anak yang Kumpulkan Puntung RokokFoto: Facebook SCMP

Tiap anak hanya perlu menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan mengumpulkan sebanyak 20 sampah puntung rokok di jalan. Dengan begitu, mereka akan mendapat satu cup es krim sundae gratis.

Banyaknya perokok yang membuang puntung rokok sembarangan jadi alasan mengapa sang pemilik kedai membuat peraturan tersebut. Selain itu, dirinya juga ingin menanamkan kesadaran soal pentingnya membuang sampah pada tempatnya kepada anak-anak di sana.

Kafe Ini Beri Es Krim Gratis Bagi Anak yang Kumpulkan Puntung RokokFoto: Facebook SCMP

"Anak-anak akan lebih sadar soal kebersihan lingkungan (bila diajarkan) sedini mungkin. Ini sebenarnya hal mudah yang menguntungkan banyak orang. Saya bisa melakukannya, Anda bisa, semua orang bisa," jelas Jian Chuntian selaku pemilik kedai kopi, Green Donkey seperti dikutip dari South China Morning Post (8/7).

Baca juga: Meski Fisiknya Terbatas, 5 Penjual Makanan Ini Jadi Sosok Inspiratif

Selain mengumpulkan puntung rokok, para anak juga bisa mendapat es krim sundae secara cuma-cuma lewat cara lain. Yaitu dengan cara menukarkan mainan bekas di rumah. Nantinya, mainan yang diberikan pada Green Donkey akan disumbangkan pada anak-anak di desa.

Kafe Ini Beri Es Krim Gratis Bagi Anak yang Kumpulkan Puntung RokokFoto: Facebook SCMP

"Kami ingin meningkatkan lingkungan hidup sekitar dan membuat dunia lebih baik lagi," pungkas Jian terkait kegiatan es krim gratis ini.

Hal inspiratif ini sudah ditetapkan Jian Chuntian sejak bulan September 2016. Jika dihitung, hingga kini sudah ada sekitar 50 ribu puntung rokok yang berhasil dikumpulkan anak-anak sekitar kedai kopi.

"Saya melihat banyak orang yang membuang puntung rokok sembarangan. Lalu saya mengumpulkannya di mana pun dan kapan pun saya melihatnya," tutur Yu Yuanxi, salah satu anak yang kerap mengumpulkan puntung rokok dan menukarkannya dengan satu cup es krim sundae.

Kafe Ini Beri Es Krim Gratis Bagi Anak yang Kumpulkan Puntung RokokFoto: Facebook SCMP

Netizen yang mengetahui kisah ini pun menorehkan komentar positif. "Kita harus membasmi puntung rokok di area publik," tulis seorang netizen.

"Anak-anak tolong basuh tangan kalian sebelum menyantap es krim," tulis lainnya.

Baca juga: Inspiratif! Ini 7 Kisah Mengharukan yang Dilakukan Pelayan Restoran

For free ice cream, Chinese kids pick up litter on streets

Kids who pick up 20 cigarette butts from the streets get free ice cream at this Chinese cafe.

(dwa/odi)