Dear Foodies, Buku Tentang Kuliner dan Makanan Ini Menarik Untuk Dibaca

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 06 Jul 2019 10:15 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Selain film dan buku resep, ternyata banyak literature atau buku yang membahas tentang perjalanan kuliner dan makanan.

Membicarakan buku yang membahas makanan, kebanyakan orang berpikir tentang resep dan tips memasak saja. Padahal banyak buku keren yang mempelajari seluk beluk industri makanan, restoran, hingga sisi kuliner yang mendalam. Berikut lima buku tentang makanan yang menarik untuk dibaca para foodies.

Baca Juga: 10 Buku Resep Seleb Hollywood Ini Wajib Dimiliki!


1. Climbing the Mango Tree
Dear Foodies, Buku Tentang Kuliner dan Makanan Ini Menarik Untuk DibacaFoto: Istimewa

Buku autobiografi ini ditulis oleh Madhur Jaffrey dan diterbitkan pada tahun 2005. Buku ini ditulis oleh Madhur, yang terkenal dengan buku resepnya, serta guru masak yang memperkenalkan hidangan khas India di Amerika.

Buku ini menceritakan seputar perjalanannya dari kecil hingga besar di dunia kuliner. Mulai dari memanjat pohon mangga di rumah neneknya yang ada di Delhi, hingga kepindahannya ke Inggris untuk memulai karir kulinernya.


2. Heartburn

Dear Foodies, Buku Tentang Kuliner dan Makanan Ini Menarik Untuk DibacaFoto: Istimewa

Siapa bilang novel yang menarik hanya membahas masalah percintaan saja? Novel sekaligus autobiografi tentang makanan pun rupanya punya daya tariknya sendiri. Lewat novel Heartburn karangan Nora Ephron yang pertama kali terbit di tahun 1983 lalu, ada perjalanan kuliner serta kisah nyata kehidupan Nora.

Nora yang bercerai dari suaminya, memutuskan untuk menulis novel dengan karakter Rachel Samstat yang membagikan banyak resep makanan favoritnya lewat narasi yang menarik dan seru.


3. Heat

Dear Foodies, Buku Tentang Kuliner dan Makanan Ini Menarik Untuk DibacaFoto: Istimewa

Memiliki judul lengkap 'Heat: An Amateur's Adventures as Kitchen Slave, Line Cook, Pasta-Maker, and Apprentice to a Dante-Quoting Butcher in Tuscany' ditulis oleh Bill Buford pada tahun 2006.

Di sini mengisahkan tentang perjalanan Bill yang rela meninggalkan pekerjaannya, demi belajar memasak menjadi chef profesional di dapur. Bill juga menjelaskan tentang caranya belajar rahasia memasak khas Jepang, Italia, hingga kota lainnya.


4. Down and Out in Paris and London

Dear Foodies, Buku Tentang Kuliner dan Makanan Ini Menarik Untuk DibacaFoto: Istimewa

Buku ini pertama kali terbit pada tahun 1933 oleh penulis George Orwell. Meski sudah berusia puluhan tahun lamanya, memoir sekaligus autobiografi ini tetap jadi buku tentang makanan yang laris.

Buku ini menceritakan perjalanan seorang penulis miskin dari Inggris, yang berpergia ke dua kota besar seperti London dan Paris. Di sana ia bekerja sebagai tukang cuci piring, hingga pekerjaan di bidang kuliner lainnya.


5. An Everlasting Meal

Dear Foodies, Buku Tentang Kuliner dan Makanan Ini Menarik Untuk DibacaFoto: Istimewa

Buku An Everlasting Meal: Cooking with Economy and Grace merupakan buku tentang masak memasak yang terbit pada tahun 2011. Buku ini ditulis oleh Tamar Adler, dan mendapatkan banyak ulasan bagus dari para penggemar makanan.

Di sini Tamar mengajarkan bahwa cara terbaik untuk makan adalah dengan memasaknya sendiri. Berbeda dengan buku-buku sebelumnya, buku ini memiliki banyak tips untuk memasak hal yang sederhana dan praktis. Seperti memasak telur, merebus air, hingga mengolah tulang menjadi makanan yang enak.

Baca Juga: Foodies, Ini 5 Film Keren Tentang Makanan yang Wajib Kamu Tonton



Simak Video "Kangen Hainan Chicken Rice ala Singapura? Ke Sini Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)