Mana yang Dioleskan Dulu pada Scone, Selai atau Krim?

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 02 Jul 2019 14:10 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Soal cara makan scone ini sudah lama jadi perdebatan. Ada yang bilang dioles krim dulu tapi ada yang menyebut harus selai dulu.

Meskipun Afternoon Tea sudah jadi tradisi orang Inggris sejak berabad-abad silam, soal etiket makan scone tetap jadi perdebatan. Seperti soal ayam dan telur duluan mana.

Sejak abad ke-11, cream tea telah menjadi salah satu tradisi terbesar orang Inggris. Cream tea adalah bentuk hidangan ringan afternoon tea, yang terdiri dari teh yang dipadukan dengan scone, clotted cream, dan selai. serta beragam sandwich.
Mana yang Dioleskan Dulu pada Scone, Selai atau Krim?Foto: Istimewa

Untuk afternoon tea, scone biasanya disajikan setelah sandwich. Bisa dinikmati polos atau diberi olesan agar makin enak. Seperti mentega, krim, atau selai buah yang asam segar.

Scone klasik Inggris merupakan kue berbentuk bundar 8 cm dengan ketebalan 2 cm. Teksturnya agak renyah tetapi tidak rapuh. Dibuat dari tepung terigu, susu, baking powder, mentega dan gula. Adonan keludian dicetak bundar dan dipanggang.

Scone ini merupakan sajian khas Devon dan Cornwall. Namun masih saja ada perdebatan tentang etika mengoleskan krim dan selai. Mana yang lebih dulu?
Mana yang Dioleskan Dulu pada Scone, Selai atau Krim?Foto: Istimewa

Dikabarkan Metro (28/6), secara tradisional orang-orang di Devon mengoleskan krim di atas scone, kemudian baru mengoleskan selai. Sedangkan tradisi di Cornish justru sebaliknya, mereka mengoleskan selai terlebih dahulu baru lmenaruh krim di atasnya.

Namun cara manakah yang paling benar di antara dua cara tersebut? Bettys Cafe Tea Rooms di York mengatakan tidak ada aturan dan cara yang paling benar dalam memakan scone.

"Beberapa orang punya perasaan kuat untuk mengoleskan selai atau krim terlebih dahulu. Tradisi di Devon mengoleskan krim dulu baru selai. Sementara di Cornish justru selai dulu baru krim. Di Bettys, kami membiarkan pelanggan memilih caranya sendiri. Afternoon tea adalah suguhan lezat dan Anda harus menikmatinya dengan cara apa pun yang Anda inginkan." komentar Asisten Manajer Megan Baldwin.

Brigit Bloch, pendiri Brigit's Bakery mengatakan, "Saya pikir itu tergantung pada preferensi pribadi. Namun saya selalu menyarankan untuk pelanggan yang suka cara tradisional Inggris untuk mengoleskan krim ke atas scone sebelum selaimya."
Mana yang Dioleskan Dulu pada Scone, Selai atau Krim?Foto: Istimewa

Sedangkan tim di Gail's Bakery mengatakan mereka lebih suka tradisi Devonshire. Bahkan baker Gail ikut setuju apabila krim harus dioleskan terlebih dahulu sebelum selainya.

Pada tahun 2018 Darren McGrady, mantan chef Kerajaan Inggris tahun 1982-1993 membuat heboh di Twitter. Karena ia mengunggah foto scone dengan scone dengan selai di atas krim.

Ia menuliskan dalam akun twitternya, 'di pesta kebun Istana Buckingham, Ratu biasanya mengoleskan selai buatan Balmoral lebih dulu.'

Di Istana Buckingham Ratu lebih suka menaruh krim lebih dulu baru kemudian dioles selai. Hal ini memicu perdebatan di Twitter. Pada akhirnya tentu saja pilihan terserah masing-masing.

Baca Juga: Kalau ke London, Jangan Lupa Nikmati 'Afternoon Tea' di 10 Tempat Ini



Simak Video "Saat Sisik Ikan Jadi Kerajinan Nan Menawan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)