Pedas dan Nikmatnya Entog Klenger di Kaki Gunung Sindoro-Sumbing

Uje Hartono - detikFood Sabtu, 29 Jun 2019 11:24 WIB
Foto: Uje Hartono/detikcom
Wonsobo - Empuk, gurih, pedas namun segar. Itulah rasa entog klenger di kaki Gunung Sindoro - Sumbing di Wonosobo. Udara dingin semakin cocok untuk menikmati kuliner ini.

Entog merupakan sejenis burung atau unggas yang termasuk keluarga bebek. Bentuk badannya mirip bebek hanya saja sedikit lebih besar dengan kaki pendek. Entog umum dijadikan aneka olahan selain bebek di Jawa Tengah.

Untuk mencicipi entog klenger bisa datang langsung ke warung kecil di kaki Gunung Sindoro Sumbing tepatnya di jalan nasional perbatasan Wonosobo, Temanggung.

Sri Handayani pemilik warung entog klenger ini menceritakan, menu yang jadi salah satu favorit pembeli. Apalagi, udara di bawah Gunung Sindoro, Sumbing ini dingin.

"Entog klenger ini memang bisa untuk menghangatkan badan, karena udara di sini dingin. Selain itu ada menu lain seperti ayam dan lele. Tetapi entog klenger yang paling banyak dipesan," tuturnya pada Detikfood (27/6) di Warung Yan yang berada di dekat rest area Kledung.



Pedas dan Nikmatnya Entog Klenger di Kaki Gunung Sindoro-SumbingFoto: Uje Hartono/detikcom

Seperti daging bebek, daging entog juga sedikit liat. Karenanya Handayani sudah mulai merebusnya sejak satu hari sebelumnya. Ia juga sengaja membuat menu ini lebih pedas agar bisa menghangatkan badan.

"Jadi satu hari sebelumnya sudah dimasak agar dagingnya empuk. Rasanya memang sedikit pedas tetapi kuahnya tetap segar," ujarnya. Untuk satu porsi entog klenger terdiri dari 1 potong entog yang disiram kuah cokelat kekuningan dengan cabe rawit utuh. Aromanya gurih pedas apalagi ditaburi bawang goreng. Rasanya mirip kuah soto dengan rasa pedas nendang.

Paling cocok dimakan selagi panas, cukup dengan seporsi nasi hangat. Sesuai dengan namanya 'klenger' yang artinya pingsan, sajian entog ini rasanya gurih pedas bikin 'pingsan'. Harga per prosinya Rp 20 ribu. Sedangkan jam buka warung, mulai pukul 09.00 hingga pukul 22.00.

Pedas dan Nikmatnya Entog Klenger di Kaki Gunung Sindoro-SumbingFoto: Uje Hartono/detikcom


Salah satu pembeli, Hendra mengaku selalu menyempatkan untuk menikmati entog klenger saat melintas di bawah Gunung Sindoro - Sumbing. Ia mengaku ketagihan dengan empuk dan pedasnya entog klenger.

"Dagingnya empuk dan rasanya pedas, tetapi kuahnya segar jadi biasanya saya kalau makan entog klenger ini sampai benar-benar habis," tuturnya.



Simak Video "Bikin Laper: Review Nasi Kebuli hingga Ceker Mercon"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)