Agar Rambut Tak Cepat Botak Rajinlah Konsumsi 5 Buah Enak Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Jumat, 28 Jun 2019 10:28 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Rambut rontok hingga kebotakan banyak dialami anak muda. Padahal hal ini bisa diatasi dengan rajin konsumsi buah segar yang kaya khasiat.

Memiliki rambut yang berkilau dan tebal jadi dambaan sebagian pria dan wanita. Tetapi kini justru sebagian besar anak muda alami kerontokan rambut yang berakibat kebotakan dini.

Gaya hidup yang penuh tekanan dan kebiasaan makan yang tidak sehat menjadi penyebab kebotakan dini dan penipisan rambut. Terkadang, kondisi lingkungan juga dapat memicu rambut rontok.

Perawatan rambut dari luar bisa dilakukan agar rambut tetap sehat. Tetapi asupan nutrisi untuk rambut yang berasal dari makanan tak kalah penting.
Buah-buahan merupakan salah satu makanan yang kaya nutrisi untuk rambut.

Dilansir dari Times of India (25/6), berikut buah-buahan bergizi yang bisa mencegah kebotakan rambut.

Baca Juga: Jus Buah Masuk Kategori Gula, Ahli Gizi: Lebih Sehat Buah Potong

1. Strawberry
Agar Tak Rambut Tak Cepat Botak Rajinlah Konsumsi 5 Buah Enak IniFoto: iStock

Buah berwarna merah menyala dengan tekstur renyah dan rasa manis asam ini dikenal kaya akan vitamin C. Selain itu buah ini kaya akan silika dan asam ellagic yang meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengendalikan penipisan rambut.

Bisa dimakan segar sebagai jus tanpa gula, campuran salad, tipping kue hingga smoothies yang enak. Beli strawberry masak agar rasanya tak terlalu asam.

2. Jambu biji
Jambu biji mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan dengan jeruk. Oleh karena itu, jambu biji dapat dikonsumsi setiap hari untuk mendapatkan manfaat maksimal. Vitamin C dalam buah yang manis ini bisa meningkatkan produksi kolagen yang meningkatkan elastisitas, kekuatan, dan tekstur pada rambut. Selain itu juga dapat mencegah rambut rontok dengan meningkatkan jumlah helai rambut dan juga dapat menjaga kulit kepala lebih sehat.

3. Kiwi
Agar Tak Rambut Tak Cepat Botak Rajinlah Konsumsi 5 Buah Enak IniFoto: iStock

Buah yang lunak dengan rasa asam yang kuat ini dikenal sebagai sumber vitamin C. Vitamin yang terkandung dalam kiwi membantu menyehatkan kulit kepala dan dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga dapat secara efektif mencegah kebotakan. Zinc dalam buah yang asam ini bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut. Kiwi juga dapat memberi nutrisi pada folikel rambut baru.

4. Pepaya
Buah yang manis dengan warna oranye ini disukai banyak orang. Pepaya punya kandungan asam amino, kolagen, dan vitamin C yang tinggi. Karenanya dapat membantu memperkuat folikel rambut. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam pepaya juga dapat menjaga kulit kepala tetap sehat. Kolagen membantu memperbaiki jaringan yang rusak dan vitamin C meningkatkan produksi kolagen yang merupakan protein yang juga bisa membantu pertumbuhan rambut baru.

5. Peach
Agar Tak Rambut Tak Cepat Botak Rajinlah Konsumsi 5 Buah Enak IniFoto: iStock

Buah yang lembut juicy dan manis ini disukai banyak orang. Dikenal kaya nutrisi yang bisa membantu mencegah rambut kering dan rusak. Nutrisi penting yang terkandung dalam buah ini membantu dalam meningkatkan produksi minyak rambut alami yang menyeimbangkan PH kulit kepala, serta dapat mencegah rambut rontok.

Baca Juga: Vira! Trik Mudah Kupas Kulit Udang hingga Buah Peach Tanpa Pisau

Simak Video "Resep Membuat Cheesecake Strawberry French Toast"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)