World's 50 Best 2019

Daniela Soto-Innes Terpilih Sebagai Chef Wanita Terbaik di Dunia 2019

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 27 Jun 2019 10:33 WIB
Foto: The Worlds 50 Best Restaurants Foto: The World's 50 Best Restaurants
Singapura - Wanita cantik asal Meksiko ini dinobatkan sebagai 'Best Female Chef' 2019. Seperti apa impian chef muda berbakat ini?

Chef Daniela Soto-Innes bekerja sebagai chef dari restoran Cosme di Amerika Serikat. Terbilang muda, wanita berusia 28 tahun ini mendapatkan gelar 'The World Best Female Chef' termuda dalam perhelatan 'The World's 50 Best Restaurant' Awards di Marina Bay Sands (MBS) Expo & Convention Center pada Selasa (25/06).

Dalam hidupnya, sejak kecil Daniela memang selalu dikelilingi oleh wanita kuat yang gemar memasak. Dari Meksiko, pada usia 12 tahun ia pindah ke Amerika Serikat untuk fokus berkarir di bidang kuliner. Wanita yang gemar mendengarkan musik ini pernah belajar di Le Cordon Bleu di Austin.

Daniela Soto-Innes Terpilih Sebagai Chef Wanita Terbaik di Dunia 2019Foto: The World's 50 Best Restaurants

Mendapat pengalaman kuliner yang cukup, Daniela akhirnya melakukan perjalanan ke Eropa, New York hingga Texas. Ia juga pernah bekerja di Brennan's of Houston. Kembali ke Meksiko, dirinya bekerja dengan Pujol. Kemudian pada tahun 2014. ia bersama Enrique Olvera membuka Cosme. Iapun pada tahun 2016 mendapat gelar "Rising Star Chef' dari James Beard Foundation.

Baca Juga: Meriahkan 'The World's 50 Best' 70 Karya Seni Makanan Dipajang di Orchard Road

Selain Cosme ia juga mengelola Atla dengan tetap memegang kuliner Meksiko sebagai akarnya. Dipadu dengan teknik memasak dan bahan segar sehingga tampil sebagai hidangan Meksiko citarasa baru.

Tahun ini ia mendapat 'The World Best Female Chef' termuda. "Saya sangat bersyukur diberikan kesempatan ini. Menjadi seorang chef memang tidak mudah, namun saya selalu ingin menciptakan suasana yang berbeda," ujar Daniela pada sambutannya 'The World's 50 Best Restaurant'.

Bagi Daniela, peran seorang chef sama saja seperti pemimpin, penyeimbang dan pembentuk sebuah tim.

Daniela Soto-Innes Terpilih Sebagai Chef Wanita Terbaik di Dunia 2019Foto: The World's 50 Best Restaurants

"Seseorang yang ingin terus belajar sesuatu yang baru setiap hari dengan timnya. Disiplin, komunikasi dan ketulusan bisa menginspirasi seseorang untuk sukses," pungkasnya.

Wanita cantik yang sebentar lagi akan melangsungkan pernikahan ini juga menyampaikan bahwa seorang chef bukan hanya orang yang memasak, menulis menu dan mengembangkan resep. Tetapi juga sebagai seorang pemimpin, menjaga dan memperlakukan setiap orang di timnya dengan baik. Sehingga mereka dapat mengoptimalkan potensinya dan bekerja dengan gayanya sendiri.

"Hari ini saya sangat senang, bukan karena saya mendapat pengakuan ini, namun karena panggung ini membuat seluruh tim saya bangga. Bukan bangga kepada saya, tetapi kepada diri mereka sendiri," ungkap Daniela.

"Kita setuju untuk tumbuh dewasa dalam sebuah tim, melakukan perubahan, bukan hanya di dapur dan di restoran namun lebih dari itu," tutupnya dalam kesempatan 'The World's 50 Best Restaurant'.

Baca juga: 5 Chef Dunia Bocorkan 'Rahasia' Dapur Mereka



Simak Video "Nikmatnya Nasgor Gerobakan ala Chinese Food"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)