Ini Transformasi Tampilan Bekal Sekolah Anak Amerika

Devi Setya - detikFood Rabu, 26 Jun 2019 19:10 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Perubahan zaman juga mempengaruhi tren dan selera makan. Termasuk soal menu dan tampilan bekal makan anak yang berubah dari masa ke masa.

Menu makan siang anak sekolah di tahun 1970-an pasti akan berbeda dengan menu makan siang anak tahun 2000-an. Jika dahulu menu makannya tampil simpel, kini lebih variatif dan modern.

Dilansir dari Metro (26/6) tim dari Wren Kitchen yang bekerjasama dengan ahli gizi Jenny Eselstein memperlihatkan beberapa perubahan menu bekal sekolah selama beberapa dekade.

1. Menu bekal anak tahun 1970-an

Ini Transformasi Tampilan Bekal Sekolah Anak AmerikaFoto: Istimewa

Para orang tua yang memiliki anak sekolah saat periode tahun 1970-an punya menu khas yang biasa dijadikan bekal. Dari begitu banyaknya pilihan menu, sandwich jadi yang paling populer.

Biasanya sandwich kacang dan sandwich isi keju dijadikan alternatif makanan simpel cepat saji. Selain itu, ada juga menu pelengkapnya seperti irisan nanas, jus jeruk kemasan dan potongan keju.

Baca juga : 5 Ide Menu Bekal yang Praktis dan Bernutrisi untuk Si Kecil

2. Menu bekal anak tahun 1980-an

Ini Transformasi Tampilan Bekal Sekolah Anak AmerikaFoto: Istimewa

Masih dengan menu sandwich, di tahun 1980-an anak-anak hampir setiap hari menikmati makan siang dengan menu sandwich isi keju. Sandwich ini juga dilengkapi pendamping seperti acar yang rasanya asam segar.

Jus jeruk kemasan dan irisan apel kerap jadi menu pelengkapnya. Sebagai tambahan ada juga beberapa keping biskuit manis.

3. Menu bekal anak tahun 1990-an

Berasa di zaman yang lebih modern, anak-anak yang sekolah di Eropa pada zaman ini senang menyantap sandwich isi daging ham. Jenis sandwich gurih ini biasa dilengkapi dengan saus.

Adapun menu pendampingnya berupa biskuit dengan bentuk lucu serta agar-agar jelly yang manis dan kenyal.

4. Menu bekal anak tahun 2000-an

Ini Transformasi Tampilan Bekal Sekolah Anak AmerikaFoto: Istimewa

Mengintip menu makan siang anak sekolah di Eropa jelas lebih variatif. Meskipun tetap dengan menu sandwich tapi pilihannya sandwich isi tuna dan jagung manis.

Nah camilannya ada keripik kentang Pringles serta sebotol yogurt. Di sini tidak banyak anak yang dibekali potongan buah, sebagai gantinya, para ibu lebih senang membekali puding KitKat.

Baca juga : Contek 10 Ide Onigiri Bento ini Buat Bekal Sekolah si Kecil

5. Menu bekal anak tahun 2010-sekarang

Ini Transformasi Tampilan Bekal Sekolah Anak AmerikaFoto: Istimewa

Salad ayam dengan wortel biasa jadi bekal praktis yang mudah dibuat dan mudah disantap. Orang lebih banyak meninggalkan sandwich dan beralih pada makanan berupa sayur dan buah.

Ada juga menu pendampingnya seperti keripik, cokelat batangan, buah dan kismis. Lalu anak di masa ini juga dibekali yogurt sebagai asupan yang menjaga sistem pencernaan.

Simak Video "Pemkot Padang Akan Tertibkan Warung 'Neraka', Ini Salah Satunya"
[Gambas:Video 20detik]
(dwa/odi)