Tempat Ini Sajikan Menu yang Dimakan Tim Apollo 11 di Luar Angkasa

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 24 Jun 2019 18:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Peringati 50 tahun misi pendaratan Apollo 11 di bulan, bandara ini hadirkan pengalaman santap berbeda. Anda bisa merasakan makanan yang dimakan tim Apollo 11.

Ada hal istimewa jika datang ke George Bush Intercontinental Airport, Amerika Serikat di tanggal 20 Juli 2019. Sebab akan ada spot yang menyajikan menu spesial para astronot yang tergabung dalam misi Apollo 11 di luar angkasa.

Tempat Ini Sajikan Menu yang Dimakan Tim Apolo 11 di Luar AngkasaFoto: Istimewa

Tersedia iPads yang digunakan untuk memesan makanan bertema bertema ruang angkasa di Terminal C dan E. Selain itu, ada dua restoran dengan sistem on the go (OTG). Kedua restoran itu menyajikan makanan serta cocktail yang terinspirasi dari hidangan yang disiapkan untuk para astronot Apollo 11.

Lalu apa saja menu yang dimakan para astronot?

Para astronot seperti Buzz Aldrin, Neil Armstrong dan Michael Collins juga perlu makan dalam menjalani eksperimen di Bulan. Pihak NASA sempat berujar pada 6 Juli 1969 jika, "Ada lebih dari 70 item yang terdiri dari beberapa pilihan makanan beku-kering, paket basah dan makanan mangkuk-sendok."


Tempat Ini Sajikan Menu yang Dimakan Tim Apolo 11 di Luar AngkasaFoto: Istimewa

"Setelah air disuntikkan ke dalam kantong makanan, air itu diuleni sekitar tiga menit. Bagian leher wadah kemudian dipotong dan makanan didorong dan tekan ke mulut awak kapal," jelas pihak NASA terkait penyajian makanan para astronotnya.

Selain itu, ada pula minuman buah bubuk, bacon, cocktail udang, sup daging sapi, frankfurters, koktail buah, salad tuna dan lainnya.

"Makanan pasti memiliki peran yang sangat penting pada Apollo 11 karena mereka melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya," kata Vickie Kloeris, ilmuwan makanan NASA emeritus seperti dikutip dari CNBC (23/6).

Nah nantinya akan ada banyak makanan asli tim Apoli 11 yang ditampilkan pada bulan 20 Juli. Makanan tersebut rencananya akan ada di menu khusus di on the go Ember Tavern dan Tumblewood Grill di Terminal C dan E United Airlines di IAH.

Tempat Ini Sajikan Menu yang Dimakan Tim Apolo 11 di Luar AngkasaFoto: Istimewa

Untuk memastikan keaslian makanan yang ada, tim kuliner dari perusahaan konsesi bandara OTG mengunjungi Laboratorium Sistem Makanan Antariksa NASA di Houston. Mereka mempelajari dan mencicipi makanan yang disiapkan oleh para ilmuwan makanan milik NASA.

"Kami ingin memahami apa arti makanan bagi para astronot yang memiliki pengalaman (tak biasa) saat itu dan apa artinya sekarang. Kami juga ingin mengetahui soal sains dan filosofi di balik makanan luar angkasa, saat dulu kala dan sekarang," ungkap Dan O'Donnell selaku kepala kuliner OTG.

Meski ada beberapa menu yang dibuat ulang dan bisa disantap para pengunjung, penyajiannya tentu tidak sama seperti saat tim Apollo 11 miliki dulu. Sebagai gantinya mereka akan menemukan versi modern dari banyak item menu dari misi Apollo 11.

(dwa/odi)