Buktikan Jago Masak, Ussy Bikin Cumi Item dan Lidah Mercon Andalannya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 23 Jun 2019 11:12 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Ussy Sulistiawaty ternyata bukan hanya jago akting dan nyanyi. Sebagai ibu rumah tangga, ia buktikan jago masak dengan membuat menu andalannya.

Kesibukan di dunia hiburan tak membuat Ussy melupakan tugas utamanya sebagai istri dan ibu untuk keempat anaknya. Di rumah, ia kerap masak beragam hidangan tradisional enak. Hal ini terlihat dari unggahan YouTube Ussy yang berjudul " MASAK LIDAH MERCON, UDANG, CUMI ITAM, SEMUA LUPA DIET | UVLOG."

Ussy yang baru saja memulai kerja usai libur Lebaran ternyata akan mengadakan meeting di rumah bersama tim restorannya. "Hari ini ada meeting sama tim dari Yummieeh dan tim Bakoel Ussy. Aku pengen masak karena katanya mereka pengen makan makanan aku," kata istri Andhika Pratama ini di awal video.
Buktikan Jago Masak, Ussy Bikin Cumi Item dan Lidah Mercon AndalannyaFoto: YouTube Ussy Andhika Official
Ia menjelaskan ada tiga menu yang dibuat yaitu udang, cumi, dan lidah mercon. Semuanya diracik sendiri oleh Ussy dengan bantuan dua asisten rumah tangganya. Pertama Ussy menunjukkan udang jumbo yang akan ia goreng. Sebelumnya pelantun lagu 'Klik' ini sudah mengungkep udang tersebut.

Baca Juga: Lidah Mercon Buatan Ussy Sulistiawaty Paling Disukai Andhika Pratama

"Udang 7 kilo gram cuma dapat 30 biji. Untuk ngungkep, pakai bawang putih sama kunyit dihaluskan. Aku suka semua bumbunya terasa. Jangan pelit bumbu," katanya. Ia juga menambahkan air asam dan jeruk nipis supaya udang tak bau amis. "Nanti kita goreng," tambahnya.

Buktikan Jago Masak, Ussy Bikin Cumi Item dan Lidah Mercon AndalannyaFoto: YouTube Ussy Andhika Official

Ussy yang bergegas masak usai bangun tidur juga menunjukkan menu andalannya. Perempuan 37 tahun ini bilang, "Lidah mercon aku mah nggak ada duanya. Mau bumbunya temen-temen samain tetep nggak bisa nyamain bumbu lidah mercon aku."

Supaya makin enak, potongan lidah sapi yang sudah dipresto sekitar 25 menit ditambahkan sandung lamur. "Dulu resep lidah mercon dikasih sama mama, sekarang turun ke aku, ke mbak-mbak di rumah," tutur Ussy. Ia memasak lidah bersama bumbu seperti cabai rawit dan bawang.

Buktikan Jago Masak, Ussy Bikin Cumi Item dan Lidah Mercon AndalannyaFoto: YouTube Ussy Andhika Official

Ussy menjelaskan, "Bumbunya pakai 'No MSG' karena kalau kena MSG, aku pusing. Setelah itu tambahkan air dari daun salam, sereh, jahe, dan garam. Jahe lebih buat biar nggak amis." Karena lidah sudah diungkep sebelumnya, membuat lidah mercon pun tak butuh waktu lama.

Terakhir, Ussy membuat cumi item. Cumi-cumi yang sudah dibersihkan sengaja tidak dihilangkan tintanya. "Cumi aku sukanya yang item, sebisa mungkin tintanya jangan sampe ilang," lanjut perempuan awet muda ini. Beragam racikan bumbu ia tambahkan saat memasak cumi item.

Buktikan Jago Masak, Ussy Bikin Cumi Item dan Lidah Mercon AndalannyaFoto: YouTube Ussy Andhika Official

Hidangan tradisional ini kemudian ia sajikan bersama nasi hangat. Para tim restorannya terlihat lahap menikmati jamuan makan Ussy. Video ini pun telah menarik perhatian banyak netizen hingga ditonton lebih dari 243.000 kali.

Banyak netizen memuji kepintaran Ussy memasak serta kecantikan alaminya saat di dapur. "Pantesan andika terkepesona..cantik alami..g lebay..sederhana..mandiri..serba bisa.. the best pokknya untuk Ussy 😍," kata seorang netizen.

Baca Juga: Lihat Momen Seru Ussy Sulistiawaty & Keluarga Saat Menyantap Makanan

(adr/odi)