Ulang Tahun Ke-58, Ini Bukti Jokowi Cinta Kuliner Nusantara

Devi Setya - detikFood Jumat, 21 Jun 2019 12:25 WIB
Foto: instagram @jokowi Foto: instagram @jokowi
Jakarta - Hari ini (21/6) Presiden Jokowi merayakan ulang tahunnya yang ke-58. Sosok sederhana ini sering menunjukkan bukti cintanya pada keragaman kuliner Nusantara.

Melihat Jokowi makan sate atau soto daerah memang bukanlah hal asing. Pria berdarah Solo ini kerap menyambangi kedai makan sederhana demi menikmati sajian Nusantara yang rasanya autentik.

Dalam banyak momen, Jokowi menyantap aneka makanan ini bersama keluarga hingga deretan menteri.

1. Soto
Ulang Tahun Ke-58, Ini Bukti Jokowi Cinta Kuliner Nusantara Foto: instagram @jokowi

Soto jadi salah satu makanan favorit Jokowi. Ia kerap kali mengabadikan momen saat menikmati soto di berbagai daerah. Salah satunya Soto Gading yang berlokasi di Solo. Bahkan jauh sebelum menjadi presiden, Jokowi sudah menjadi langganan di kedai soto ini.

Tak hanya di Solo, Jokowi juga pernah menikmati semangkuk soto di Kedai Pak Man sebagai menu sarapan di Semarang. Didampingi Iriana dan beberapa menteri, Jokowi asyik menyantap semangkuk soto ayam berkuah kaldu gurih.

2. Nasi Padang
Ulang Tahun Ke-58, Ini Bukti Jokowi Cinta Kuliner Nusantara Foto: instagram @jokowi

Pada April 2019 lalu ada isu gerakan aksi boikot nasi Padang. Namun seolah tak menggubris aksi ini, Jokowi malah asyik menikmati nasi Padang di Jakarta.

Berlokasi di Restoran Sari Ratu, Grand Indonesia, Jokowi terlihat makan siang dengan menu ayam pop, telur dadar dan sayur daun singkong. Bukan sekali ini saja, Jokowi ternyata kerap makan dengan menu yang sama semenjak menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Baca juga : Tak Boikot Nasi Padang, Jokowi Lahap Makan Ayam Pop dan Daun Singkong

3. Sate
Ulang Tahun Ke-58, Ini Bukti Jokowi Cinta Kuliner Nusantara Foto: instagram @jokowi

Usai Lebaran tepatnya tanggal 7 Juni, Jokowi bersama keluarga terlihat makan malam di Yogyakarta. Menu yang jadi pilihan adalah sate gembus yang ada di Waroeng Klangenan. Bersama Iriana, Gibran, Kaesang, Selvi dan Jan Ethes, keluarga ini memesan menu yang cukup beragam.

Jokowi diketahui menyantap sate gembus, sat usus, tahu, tempe dan beberapa bungkus nasi kucing. Untuk minumannya, Jokowi memilih menyeruput wedang klangenan yang terbuat dari jahe dan rempah-rempah.

4. Bebek Goreng

Ulang Tahun Ke-58, Ini Bukti Jokowi Cinta Kuliner Nusantara Foto: instagram @jokowi

Menu bebek goreng yang gurih dan renyah ternyata juga berhasil membuat Jokowi berselera makan. Beberapa kali Jokowi terlihat menyantap menu bebek goreng, seperti saat di Singapura dan yang terbaru di Bali beberapa hari lalu.

Di Singapura, Jokowi memilih makan bebek di restoran Pak Ndut, sementara di Ubud, Bali ia bersantap di restoran Bebek Tepi Sawah Villas. Menu istimewa mulai dari bebek betutu, bebek panggang dan bebek goreng jadi menu andalan yang disajikan dengan sambal matah.

5. Bakso
Ulang Tahun Ke-58, Ini Bukti Jokowi Cinta Kuliner Nusantara Foto: instagram @jokowi

Bukan sekadar makanan, bakso juga memiliki sejarah pada perjalanan cinta Jokowi dan Iriana. Saat pendekatan, Jokowi mengajak Iriana makan bakso karena porsinya pas dan harganya murah meriah.

Tapi momen romantis Jokowi dan Iriana makan bakso kembali bisa disaksikan pada Maret 2019 lalu. Keduanya asyik menyantap semangkuk bakso sambil disaksikan jutaan pasang mata saat acara Gebyar Bakso Merah Putih di Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Baca juga : Makan Malam di Yogyakarta Jokowi dan Keluarga Pilih Nikmati Sate Gembus (dvs/odi)