Berani Cicip? Ini Durian Tahi Gajah yang Jadi Buruan Banyak Orang

Devi Setya - detikFood Kamis, 20 Jun 2019 15:50 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Sesuai dengan namanya, durian yang satu ini memang berasal dari tahi alias kotoran gajah. Meskipun menjijikkan, tapi durian ini banyak diburu orang.

Durian tahi gajah populer di Malaysia tepatnya di daerah Segamat, kota di negara bagian Johor. Kawasan ini memang dikenal sebagai kawasan penghasil durian berkualitas asal Malaysia.

Penasaran dengan durian nyentrik ini? Mirip dengan kopi luwak, durian ini lebih dulu dimakan oleh gajah lalu durian yang keluar bersama kotoran inilah yang dinanti-nanti. Agak menjijikkan memang tapi siapa sangka, durian ini sangat diminati.
Berani Cicip? Ini Durian Tahi Gajah yang Jadi Buruan Banyak OrangFoto: istimewa

Baca juga : Rekor Durian Termahal di Dunia, Satu Buah Harganya Rp 681 Juta

Buah durian yang dimakan gajah ini haruslah durian utuh yang masih bulat terlapisi kulit. Durian yang ditelan bulat-bulat oleh gajah nantinya juga akan keluar dalam keadaan utuh.

Proses fermentasi alami dalam sistem pencernaan gajah dipercaya mampu membuat durian ini lebih berkhasiat. Seorang pegawai di Pertanian Daerah Segamat bahkan mengakui durian tahi gajah ini sudah diminati sejak puluhan tahun lalu.

Banyak orang rela merogoh kantung dalam-dalam demi bisa merasakan sensasi unik makan durian tahi gajah. Nur Akmal, salah satu pegawai pertanian mengatakan bahkan ada orang yang bertugas mengikuti gajah untuk mendapatkan kotoran berisi buah durian ini.

Meskipun berlumuran kotoran gajah tapi daging buah ini dipercaya tetaplah bersih dan bebas kuman selama kulit duriannya tidak pecah dan terkelupas. "Buahnya tetap bersih karena tidak ada kotoran yang bisa menembus kuit keras dan berserat dalam rentang waktu singkat," kata Vincent Chou dari Malaysia Nature Society.
Berani Cicip? Ini Durian Tahi Gajah yang Jadi Buruan Banyak OrangFoto: Istimewa

Selain sensaional, durian tahi gajah juga dipercaya memiliki beragam khasiat. Meski belum terbukti secara ilmiah, durian ini dianggap afrodisiak.

Para pembeli percaya, dengan menyantap durian ini bisa meningkatkan gairah seksual. "Karena sudah mengalami proses pencernaan dalam perut gajah, pembeli percaya durian jadi punya khasiat lebih," tambah Vincent.

Baca juga : Di Tasikmalaya Durian Asal Banyumas Ini Dihargai Rp 14 Juta Sebuah, Mau Beli?

Dengan alasan sulit didapat, durian tahi gajah memiliki banderol harga yang sangat tinggi. Peminatnya bahkan harus rela mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk bisa mencicipnya. Di Malaysia, harga durian ini mencapai 1.000 ringgit (Rp 3,4 juta).

Nah, pencinta durian kira-kira tertarik mencicipi durian spesial ini?

(dvs/odi)