Hong Kong Memanas, Jay Chou Dikecam Fansnya Karena Makan Bareng Jackie Chan

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 18 Jun 2019 19:21 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Disebut pro China karena unggah foto makan bareng Jackie Chan, Jay Chou dikecam keras netizen. Banyak fans yang kecewa pada aktor asal Taiwan itu.

Protes terhadap rencana penerapan undang-undang ekstradisi membuat warga Hong Kong lakukan demonstrasi besar-besaran. Kabarnya, demonstrasi yang terjadi pada minggu lalu (9/6/2019) merupakan demonstrasi terbesar sejak tahun 1997. RUU itu sendiri diprotes karena mengatur ekstradisi ke China dan dikhawatirkan akan melemahkan penegakan hukum di Hong Kong.

Hong Kong Memanas, Jay Chou Dikecam Fansnya Karena Makan Bareng Jackie ChanFoto: Reuters

Baca juga: Seniman Malaysia Ini Bentuk Wajah Jackie Chan dengan 64.000 Sumpit

Jutaan warga yang memadati jalanan Hong Kong itu menuntut agar pimpinan Hong Kong, Carrie Lam mundur dari jabatannya. Sayangnya di tengah suasana panas itu, Jackie Chan justru mengaku tidak tahu apa yang sedang terjadi di Hong Kong.

Saat itu Jackie Chan tengah mempromosikan album pop pertamanya bertajuk 'I Am Me' di Taiwan. Begitu ditanya soal kondisi panas di Hong Kong, lewat sebuah konferensi pers Jackie Chan menjawab, "Saya baru saja mengetahui bahwa ada parade besar di Hong Kong kemarin. Saya tidak tahu apa-apa tentang itu."

Hong Kong Memanas, Jay Chou Dikecam Fansnya Karena Makan Bareng Jackie ChanFoto: Instagram

Di hari yang sama, aktor sekaligus penyanyi asal Taiwan, Jay Chou mengunggah foto bersama Jackie Chan. Jay Chou bahkan menulis, 'Semoga kakak tertua dapat penjualan besar dalam album terbarunya'.

Dari foto yang ia unggah, terlihat jelas kalau suami Hannah Quinlivan itu sedang menyesap secangir teh dan makan bersama Jackie Chan. Unggahan itu pun dihujani protes netizen.

Hong Kong Memanas, Jay Chou Dikecam Fansnya Karena Makan Bareng Jackie ChanFoto: Istimewa

Dikutip dari NextShark (17/6), salah seorang netizen menulis komentar di laman Instagram Jay Chou, "Saya sangat kecewa denganmu."

"Kenapa Anda berteman dengan Jackie Chan?," tulis lainnya.

"Hong Kong sedang dalam krisis dan Anda berswafoto dengan dia? Saya sudah jadi pendengar setia lagu Anda selama lebih dari 10 tahun! Saya kecewa dengan Anda," sahut netizen lain.

"Jay Chou sekarang mengandalkan China untuk makan. Dia tidak peduli diremehkan oleh orang Taiwan atau Hong Kong. Foto ini menunjukkan kesetiaan kepada China," sindir seorang netizen.

Menurut Taiwan News, kemarahan para netizen tersulut lantaran Jackie Chan merupakan anggota Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Tiongkok (CPPCC) - badan penasihat legislatif di Beijing yang mayoritas anggotanya Partai Komunis Tiongkok (PKT).

Baca juga: Liang Sandwich Bar: Nyam! Renyahnya Scallion Sandwich dengan Chicken Bolognese (dwa/odi)