Tak Hanya Rasa, Tekstur Juga Berperan Penting dalam Makanan

Sonia Basoni - detikFood Senin, 17 Jun 2019 12:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tak hanya aroma dan rasa saja, ternyata tekstur makanan juga berperan penting dalam makanan. Hal ini dijelaskan dalam sebuah penelitian terbaru.

Menurut penelitian yang baru saja dipublikasikan di Scientific Reports, tekstur makanan bisa membuat atau menurunkan rasa enak dari makanan tersebut, serta kaitannya dengan lidah.

Baca Juga: Makanan Bertekstur Terbukti Beri Rasa Kenyang Lebih Lama
Tak Hanya Rasa, Tekstur Juga Berperan Penting dalam MakananFoto: Istimewa

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti dari Penn State University, Amerika, yang menunjukkan bahwa mulut manusia sangat sensitif dengan tekstur makanan. Karena memiliki kemampuan untuk mendeteksi adanya perbedaan tekanan.

Para peneliti ini menggunakan tekstur cokelat untuk melakukan penelitian, dengan melibatkan 111 peserta yang melalui dua tes. Tes di grup pertama meneliti tentang kepekaan lidah pada tekstur, dan kedua menyantap cokelat bubuk.

Hasilnya beberapa orang lebih sensitif terhadap tekstur makanan, sementara beberapa orang lainnya lebih memperhatikan rasa dan aroma.
Tak Hanya Rasa, Tekstur Juga Berperan Penting dalam MakananFoto: Istimewa

"Banyak yang mendiskusikan bahwa tekstur biasanya tidak terlalu diperhatikan di dalam makanan, tapi ternyata ini merupakan faktor utama dari penolakan jika ada tekstur makanan yang aneh," tulis hasil penelitian tersebut dilansir dari Inverse (14/06).

Kesimpulannya banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan tekstur makanan. Tapi ketika tekstur makanan diperhatikan, akan memberikan efek yang besar pada pengalaman makan mereka.

"Kita semua tahu bahwa setiap orang memiliki perbedaan selera dari rasa dan aroma, yang membuat mereka menyukai jenis makanan berbeda. Kini hal serupa juga mungkin sama untuk tekstur makanan. Ini mungkin memiliki implikasi untuk orang tua yang anak-anaknya sering memilih makanan, semenjak tekstur biasanya menjadi alasan utama mengapa orang menolak makanan tertentu," jelas Profesor John Hayes, selaku salah satu peneliti dalam penelitian ini.
Tak Hanya Rasa, Tekstur Juga Berperan Penting dalam MakananFoto: Istimewa
Penelitian ini juga menggunakan mesin bernama Von Frey Hairs, yang memiliki bentuk seperti sikat gigi dengan tekanan berbeda. Sehingga para peserta bisa merasakan tekanan yang berbeda di dalam mulut. Di mana ketika reseptor mekanik lidah berinteraksi dengan makanan, akan dirangsang oleh tekanan dari tekstur makanan itu.

Penelitian ini menunjukkan adanya bukti dan hubungan antara kemampuan seseorang untuk merasakan tekanan, dan kepekaan mereka terhadap tekstur makanan. Sehingga menurut para peneliti, tekstur makanan mungkin bukan hal yang sering diperhatikan, seperti rasa dan aroma.

Tapi ketika orang-orang mulai memperhatikan tekstur makanan, maka rasa makanan itu akan berbeda dan memiliki dampak yang besar.

Baca Juga: Mikroba Dapat Mengubah Tekstur, Aroma dan Rasa Makanan

(sob/odi)