Mumpung Libur, Enaknya Bikin Sendiri Shabu-shabu Ala Jepang

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 16 Jun 2019 10:12 WIB
Foto: iStock/detikFood Foto: iStock/detikFood
Jakarta - Ingin berhemat? Anda bisa membuat shabu-shabu sendiri di rumah. Cukup belanja bahan dan racik kaldu gurih serta saus pencelupnya.

Shabu-shabu merupakan hidangan khas Jepang yang sangat populer. Shabu-shabu biasanya dijual dengan cara all you can eat. Harganya relatif mahal, bisa mencapai Rp 200 ribu-an. Padalah sajian rebus gaya Jepang ini gampang disiapkan sendiri.

And bisa bikin shabu-shabu untuk dinikmati bersama keluarga, cukup siapkan 5 hal ini.

1. Buat kaldu

Mumpung Libur, Enaknya Bikin Sendiri Shabu-shabu Ala Jepang Foto: iStock

Kuah shabu-shabu bisa dibuat dengan campuran ayam, sapi atau udang. Ada tiga cara membuat kaldu, pertama untuk praktis dan cepat gunakan kaldu blok atau kaldu bubuk ayam atau sapi. Cukup masukkan kaldu ini dalam air mendidih hingga larut. Bisa ditambahkan bawang putih, merica dan garam.

Kedua buat kaldu ayam dari campuran tulang dan ceker ayam lalu saring hingga bersih dan bening. Bisa ditambahkan sedikit minyak wijen, garam dan merica untuk rasa yang lebih gurih.

Ketiga gunakan wakame (rumput laut kering). bisa wakame Jepang atau Korea kering yang banyak dijual di supermarket. Didihkan air, masukkan wakame kering dan didihkan beberapa saat hingga wakame mengembang dan larut. Wakame bisa dinikmati sebagai isian shabu-shabu.

Baca juga: The Social Pot: Unik! Aneka Shabu dan Grill di Sini Pakai Kuah Soto

2. Pilih daging

Mumpung Libur, Enaknya Bikin Sendiri Shabu-shabu Ala Jepang Foto: iStock

Khusus untuk shabu-shabu, pilih daging sapi yang diiris tipis dengan sedikit lemak. Jenis daging sapi impor dengan irisan khusus untuk shabu-shabu bisa dibeli di pasar swalayan di bagian daging. Jika ingin menyiapkan sendiri, simpan daging ini di freezer beberapa saat hingga agak beku. Iris melintang tipis.

Selain daging sapi, Anda juga bisa menggunakan daging dada ayam yang diiris tipis. Bisa juga disiapkan bakso udang, bakso ikan, bakso sapi atau tahu sutera sebagai pelengkapnya.

3. Tambahkan sayuran

Mumpung Libur, Enaknya Bikin Sendiri Shabu-shabu Ala Jepang Foto: iStock

Sayuran yang ditambahkan ke dalam shabu-shabu bisa apa saja. Umumnya, shabu-shabu ditambahkan dengan sayuran berupa bokchoy, sawi putih, jamur shitake, jamur shimeji, wortel, daun bawang hingga jagung muda.

4. Lengkapi dengan saus

Mumpung Libur, Enaknya Bikin Sendiri Shabu-shabu Ala Jepang Foto: iStock

Supaya rasanya lebih mantap. Anda bisa membuat sendiri racikan saus cocolan dagingnya. Buat bumbunya dengan cara mencampurkan kecap asin, cincangan bawang putih dan cabai merah atau rawit. Untuk saus yang gurih bisa membuat saus goma dari biji wijen atau kacang tanah yang digerus halus. Campur dengan kecap asin hingga agak kental.


5. Siapkan alat

Mumpung Libur, Enaknya Bikin Sendiri Shabu-shabu Ala Jepang Foto: iStock

Siapkan kompor portable atau kompor gas kecil. Siapkan panci dengan ukuran sedang. Jika ada bisa dipakai panci hot pot dari aluminium atau stainless steel.

Jangan lupa siapkan sendok peniris dan sendok sayur untuk mengangkat isi shabu-shabu.

Sebagai peralatan makan bisa disiapkan mangkuk-mangkuk sup, sendok makan atau sendok bebek dan sumpit. Siapkan juga mangkuk kecil untuk saus pencelupnya.

Baca juga: Ingin Makan Shabu-shabu Sepuasnya? Datang Saja Ke Tempat Ini! (lus/odi)