Pola Makan Sehat dan Murah

Asam Pedas Racikan Buah Nusantara yang Sehat dan Bikin Melek

Devi Setya - detikFood Sabtu, 15 Jun 2019 16:45 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Siapa bilang buah tak bisa dijadikan camilan? Asal pintar mengolahnya, buah bisa jadi kudapan sehat yang menyegarkan. Misalnya ragam rujak dan asinan khas Indonesia.

Masyarakat Indonesia biasa meracik buah menjadi santapan yang kaya rasa. Mulai dari rujak cocol hingga asinan, berikut beberapa varian olahan buah yang bikin merem melek.

1. Rujak cocol
Asam Pedas Racikan Buah Nusantara yang Sehat dan Bikin MelekFoto: Istimewa

Campuran aneka buah ini termasuk yang paling populer. Biasanya rujak menggunakan buah-buahan yang rasanya asam lalu dinikmati dengan cocolan sambal gula merah yang manis pedas.

Buah yang langganan jadi campuran rujak antara lain mangga muda, nanas, bangkuang, jambu air, belimbing hingga kedondong. Untuk membuat sambalnya juga tidak sulit yakni cukup campur gula merah, cabai dan garam.

Baca juga : Rujak Buah yang Komplet Isinya dan Pedas Segar Bisa Dibeli di Sini

2. Rujak bebek
Asam Pedas Racikan Buah Nusantara yang Sehat dan Bikin MelekFoto: Kidnesia/Wikimedia/Wordpress

Nama rujak bebek atau beubeuk diambil dari proses pembuatannya yang ditumbuk. Itulah sebabnya rujak bebek memiliki tekstur agak halus dengan rasa yang super kaya, mulai dari asam, manis, pedas hingga agak pahit.

Rujak bebek terbuat dari campuran buah seperti mangga muda, pepaya, bangkuang, kedondong, nanas muda dan ubi muda. Dalam versi lebih klasik, rujak ini juga biasa dicampur buah buni, gandaria hingga pisang batu muda.

3. Rujak serut

Rujak buah yang satu ini tak kalah segar dan terbilang praktis disantap. Sesuai dengan namanya, aneka buah diolah dengan cara diserut memanjang lalu dicampur jadi satu dan dibumbui dengan sambal asam pedas.

Sambal dari rujak serut ini termasuk encer yang terdiri dari campuran cabai, gula merah cair, asam jawa, dan garam. Rujak serut semakin nikmat kalau disajikan dingin.

4. Asinan
Asam Pedas Racikan Buah Nusantara yang Sehat dan Bikin MelekFoto: Instagram

Berbeda dengan rujak, asinan adalah campuran aneka buah yang disajikan dengan kuah cuka asam pedas. Kuah oranye ini punya konsistensi cair dan biasa dihidangkan dalam jumlah banyak sehingga menggenangi aneka buah.

Asinan buah yang terkenal yakni dari Bogor dan Betawi. Semakin lama buah direndam kuah asinan maka rasanya akan semakin nendang. Asinan paling enak dijadikan camilan siang. Sluurp!

Baca juga : Dari 10 Racikan Rujak Buah Pedas Ini, Mana yang Paling Kamu Suka?

5. Asinan buah kekinian
Asam Pedas Racikan Buah Nusantara yang Sehat dan Bikin MelekFoto: Instagram

Inovasi asinan juga mengikuti tren yang ada. Demi menyasar konsumen millennial, banyak penjual yang meracik asinan kekinian. Buah yang digunakan lebih bervariatif dan kebanyakan memanfaatkan buah impor.

Beberapa buah yang kerap digunakan untuk asinan kekinian antara lain kiwi, anggur, apel, kelengkeng, leci hingga strawberry. Sementara kuah dari asinan ini juga biasa ditambahkan perasan jeruk lemon yang membuat rasanya asam pedas. (dvs/odi)